Menu Close

Hari Pertama Ramadan, ASN Karanganyar Tadarus dan Tausiyah

0Shares

KARANGANYAR – Belasan ribu ASN di lingkungan Pemkab Karanganyar, pegawai BUMD dan pegawai di jajaran instansi samping mengisi durasi awal masuk kerja di hari pertama Ramadan 1440 H dengan tadarus Alquran dan tausiyah, Senin (06/05/2019).

“Tadarus selama 30 menit sebelum memulai kerja. Di hari biasa, masuk pukul 07.15 WIB. Namun saat ramadan, masuk pukul 07.30 WIB. Sedangkan pulangnya pukul 15.15 WIB atau maju 15 menit dari hari biasa,” kata Pj Sekda Pemkab Karanganyar, Sutarno, Senin (7/5). Seperti dilansir krjogja.

Dia merampungkan tujuh ayat di Surat Al Baqarah dan akan melanjutkannya di waktu lain. Sebab, saat itu tadarus di ruang podang 1 kompleks Setda berhenti sejenak karena kunjungan Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Sutarno mengatakan, tadarus Alquran tersebut merupakan kegiatan rutin ASN tiap memasuki ramadan. Diharapkan, nuansa bulan suci merasuk di lingkungan kerja pemerintah daerah. “Saya yakin tadarus ini tidak mempengaruhi waktu kerja ASN. Termasuk, tidak mengganggu produktivitasnya. Justru menyemangati untuk memperbanyak ibadah,” katanya.

Sebelum tadarus di ruang podang 1, dibuka tausiyah oleh Kabag Pemerintahan Ali Gufron. Sedangkan umat Nasrani membaca Injil di Podang 2 yang dipimpin Kabag Pemdes dan Kelurahan, Timotius Suryadi.  Tadarus Alquran ditarget khatam dalam waktu 30 hari dengan pembagian proporsional. Tiap kelompok kajian menyelesaikan 1 juz.

Bupati Juliyatmono mengatakan ramadan merupakan bulan yang harus dihormati oleh semua umat beragama. Sehingga, pemeluk agama non Islam juga perlu menyesuaikan dengan mengkaji kitab sucinya. Selama sebulan penuh, Pemkab juga memiliki agenda religi. []