Tahun 2021 IAIN Surakarta Berubah Menjadi UIN Surakarta

0Shares

SUKOHARJO – Nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta bakal berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Surakarta dalam dua tahun ke depan.

Rektor IAIN Surakarta, Mudofir menuturkan, target perubahan nama tersebut bakal tercapai pada tahun 2021 mendatang.

“Insya Allah tahun 2021 mendatang IAIN sudah menjadi UIN,” tuturnya kepada, Selasa (2/7/2019). Demikian dilansir TribunSolo.

Dikatakan, untuk menghadapi perubahan nama pihaknya menyiapkan berbagai hal, seperti pengajuan proposal penggantian nama kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama.

“Jadi ini tinggal menunggu penetapan dan optimistis tidak ada masalah bisa disetujui,” jelas dia.

“Prosesnya sudah berlangsung dari, berkas-berkas sudah diajukan dan persentasi di Jakarta juga sudah di jalani,” lanjutnya.

Menurutnya, IAIN Surakarta sudah layak menjadi UIN setelah sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Selain itu juga ada pembenahan, seperti jumlah mahasiswa yang saat ini mencapai 16 ribu mahasiswa sehingga melampui target.

“Untuk dokter ada 57 orang jumlah, dan profesor ada lima orang dan kurang satu dari ketentuan,” aku dia.

“Tapi tidak masalah karena sudah ada yang proses ke arah sana, jadi untuk pengajar tidak masalah dan siap,” paparnya menegaskan.

Selain itu, pihaknya menyiapkan mata kuliah umum seperti ketentuan, seperti psikologi Islam, ilmu pengetahuan atau sains maupun teknologi lingkungan.

“Itu sudah masuk dalam proposal pengajuan kemarin, jadi sudah benar-benar siap,” jujar dia. []