Mulai 8 Juli 901 CJH Asal Klaten Berangkat ke Tanah Suci

0Shares

KLATEN – Sebanyak 901 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Klaten bakal diberangkatkan ke tanah suci mulai 8 Juli mendatang. Ratusan CJH itu terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter). Yakni kloter 8, 9, 10, 11, dan 96. Seluruh pemberangkatan rombongan CJH dilakukan di GOR Gelarsena.

Dilansir radar solo, Ketua Penyelenggara Pamitan Jamaah Haji sekaligus Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Klaten Ronny Roekmito menjelaskan, CJH kloter 8 berangkat 8 Juli mendatang, pukul 20.30 sudah masuk Asrama Haji Donohudan, Boyolali. ”Total ada 83 calon jamaah haji yang berangkat pada kloter 8 dari Kabupaten Klaten itu,” jelasnya, kemarin Rabu (3/7).

Pada 9 Juli, diberangkatkan tiga kloter sekaligus. Yakni Kloter 9 yang dihuni 355 CJH, masuk asrama haji pukul 06.00. Kloter 10 sebanyak 354 CJH, masuk asrama haji pukul 08.00. serta kloter 11 sebanyak 102 CJH, masuk asrama haji pukul 10.00. Sedangkan kloter 96 hanya 7 CJH. ”Kloter 96 berangkat 4 Agustus, masuk asrama haji pukul 08.00,” imbuh Ronny.

CJH asal Klaten tahun ini atas nama Muhammad Panunggal Jati, 18. Berasal dari Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah. Sedangkan CJH tertua Sudadiyo Wonoso Widoyo, 90, warga Desa Kalitengah, Kecamatan Wedi.

”Calon jamaah haji 424 laki-laki dan 477 perempuan. Mulai dari usia 18-90 tahun. Paling banyak latar belakang pendidikan sarjana. Pekerjaan yang mendominasi pegawai swasta,” beber Ronny.

Bupati Klaten Yani Sunarno mendoakan seluruh CJH agar selalu diberi kesehatan. Serta menjalankan ibadahnya di tanah suci dengan lancar. ”Saya harapkan calon jamaah haji ini bisa membawa diri. Dapat memahami bagaimana proses menjalankan ibadah haji di sana. Kalau ilmunya cukup, maka akan diberikan kemudahan,” tandasnya.

Bupati juga mengimbau agar CJH asal Klaten selalu menjaga kekompakan dan saling bekerja sama. Termasuk memanfaatkan aplikasi chat untuk berkomunikasi selama di tanah suci. Tujuannya agar saat ada permasalahan, bisa segera tertangani. []