Sukacita Menyambut Ramadan Sangat Terasa di Eks Karesidenan Surakarta

0Shares

SOLO – Sukacita menyambut Ramadan sangat terasa di eks Karesidenan Surakarta. Ada yang menggelar pawai melibatkan ratusan pelajar, hingga membuat Kampung Ramadan di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon.

Usai Salat Magrib, Jumat (3/5), warga setempat sibuk menyiapkan kebutuhan untuk kirab hadrah. “Kirab hadrah ini untuk menyemarakkan Kampung Ramadan,” ucap ketua panitia kegiatan Jarot Prakoso. bersama sejauh satu kilometer melalui Jl Cempaka, Jl Kyai Mojo, Jl Sampangan, dan kemudian finish di Jl Bogowonto. Pukul 20.00 WIB tepat, Kirab Hadrah di mulai. “Yang jadi pembedanya kirab hadrah ini,” jelas Jarot. seperti dilansir radar solo.

Selama menyusuri rute kirab, irama hadrah tak berhenti ditabuh. Suasana kampung lebih semarak. Pengguntingan pita menandai dibukanya Kampung Ramadan. Lampu warna-warni dinyalakan. Selama Ramadan, di Kelurahan Semanggi akan digelar bazar kuliner, berbagi takjil, dan lainnya.

“Masyarakat boleh singgah. Akan banyak pedagang yang menjajakan kuliner untuk berbuka puasa,” ungkap dia.

Lurah Semanggi, Sularso mengapresiasi kegiatan tersebut. Meski dana yang digelontorkan untuk event tersebut tidak terlalu besar, namun pihaknya optimistis Kampung Ramadan sukses. “Secara ekonomi ini mampu meningkatkan pendapatan warga,” katanya.

Sementara itu, siang kemarin, Pemkab Karanganyar menggelar pawai ta’aruf yang diikuti murid TK, MI, SD, SMP dan SMA sederajat. Kegiatan digelar di sepanjang Jalan Lawu. Peserta pawai membawa poster berisi ajakan untuk fokus menjalankan ibadah puasa. []