Baznas Karanganyar Masuk Nominasi Baznas Award

0Shares

KARANGANYAR – Pengelolaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar menjadi teladan bagi baznas kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah.

Buktinya, tim verifikasi Baznas Provinisi Jawa Tengah yang dipimpin Sekretaris Baznas Jateng Ahyani mendatangi kantor Baznas Karanganyar kemarin Senin (24/6). Mereka juga bertemu langsung dengan Bupati Juliyatmono di rumah dinas.

”Ada beberapa poin dalam verifikasi penilain kami. Diantaranya terkait dengan program kerja, tingkat kemajuan perolehan zakat, pendayagunaan zakat, dukungan pemerintah dan audit keuangan, semua kita lihat,” terang Ahyani. Seperti dilansir radar solo.

Menurutnya, dari 25 kabupaten yang ikut dalam Baznas Award, 10 di antaranya masuk nominasi. Baznas Karanganyar menjadi salah satunya. Tujuannya memotivasi Baznas se-Jaten dalam mengelola zakat secara transparan dan mengoptimalkan perolehan zakat.

Wakil Ketua Baznas Karanganyar Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Iskandar berhadap menjadi salah satu Baznas terbaik di Jateng. ”Jika nanti mendapatkan yang terbaik, setidaknya akan menambah kepercayaan masyarakat bagi kami untuk mengelola zakat semakin baik lagi,” ucapnya.

Bupati Juliyatmono mengunkapkan, Baznas Karanganyar telah berhasil mengelola zakat dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) pemkab. Tahun 2018, Baznas mengumpulkan zakat sebesar Rp 15,5 miliar.

”Tahun ini Baznas menargetkan bisa mengumpulkan zakat sebesar Rp 18 miliar,” ucapnya. []