Menu Close

Pawai Taaruf Ramadan Diikuti Ribuan Peserta

0Shares

KARANGANYAR – Menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan 1440 H, ribuan umat Islam dari berbagai latar belakang mengikuti Pawai Taaruf mulai alun-alun kabupaten sampai Taman Pancasila, Sabtu (4/5) pagi. Demikian dilansir krjogja.

Sambil menampilkan atraksi terbaiknya, mereka mengajak memperbanyak ibadah dan menjauhi kemaksiatan. Diikuti 11.500 peserta, para partisipan tergabung di 72 kafilah di bawah koordinasi Baznas Karanganyar. Satu diantaranya Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Karanganyar yang membawa barisan rantingnya. Juga ada barisan pasukan berpakaian ihram dari Mts Negeri 2 Karanganyar.

“Pawai taaruf ini dilakukan sebagai bentuk kegembiraan umat muslim menyambut bulan suci Ramadhan, atau bulan yang dirindukan. Dan juga mengingatkan kepada seluruh umat muslim untuk menyiapkan fisik, mental dan rohaninya untuk siap menjalankan ibadah puasa dengan sempurna,” kata Ketua Panitia Pawai Taaruf Karanganyar, Sugiyarso kepada wartawan.

Selain membawa poster dan tulisan bertema ramadhan, peserta pawai menyuguhkan pula atraksi drumband hingga pencak silat. Adapun ajakan kebaikan yang dijadikan slogan seperti ‘perbanyak tadarus, salat sunah yes, tinggalkan maksiat’ dan sebagainya.
Walaupun berjalan kaki, namun semangat dan kemeriahan sangat terasa hingga kelompok peserta paling akhir.

Bupati Juliyatmono, mengatakan, pawai taaruf ini merupakan sebagai syiar Islam, dengan mengajak umat Islam menjalankan ibadah puasa di bulan suci. “Pawai taaruf ini mengajak umat muslim untuk menjalankan ibadah dengan khusyuk, dan tetap menjaga tolerasi dan meninggalkan kemaksiyatan,” kata Juliyatmono.

Pemkab Karanganyar, lanjut Bupati, selama bulan Ramadhan akan mengadakan tarawih keliling dan buka puasa bersama di 18 lokasi di 17 Kecamatan bersama masyarakat sekitar.

Wakil Ketua Baznas Karanganyar, Iskandar mengatakan kalifah terbaik akan dinobatkan sebagai pemenang pawai di berbagai kategori. Panitia menilainya dari kreativitas, kekompakan dan kostum atau tampilan menarik. []