DSKS Desak MK Lakukukan Proses Peradilan Transparan dan Profesional

0Shares

SOLO – Dewan Syariah Kota Solo (DSKS) bersama elemen Islam Soloraya menggelar unjuk rasa di depan Mapolresta Surakarta, Jumat (14/6). Mereka menyatakan aksi ini untuk mendukung Mahkamah Konstitusi (MK) supaya netral saat menggelar sidang sengketa pemilihan presiden. Selain melakukan orasi secara bergantian massa juga tampak membentangkan spanduk.

Aksi yang diikuti ratusan peserta tersebut ditutup dengan pembacaan pernyataan sikap. Berikut isi pernyataan tersebut,

Bahwa pemilu yang jujur dan adil adalah proses yang bermartabat untuk memujudkan pemimpin di Indonesia yang amanah, yang diharapkan mampu menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Namun demikian, pemilu yang mestinya jujur dan adil justru diwarnai dengan kecurangan oknum penyelenggara pemikllu, tidak netralnya oknum TNI, Polri maupun ASN.

Untuk itu pada tahapan sengketa ataupun perselisihan hasil pemilu saat ini, kami dari Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) Meminta Mahkamah Konstitusi (MK):

  1. Menjadi lembaga negara yang melakukan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan pengadilan guna menegakkan hukum dan keadilan.
  2. Bisa memberikan rasa keadilan, kepastian hukum dan tidak memihak kecuali memutuskan perselisihan atau sengketa pemilu berdasarkan bukti dan saksi yang terpercaya
  3. Melakukukan proses peradilan yang transparan dan profesional.

Demikian surat ini kami sampaikan atas perhatian diucapkan terima kasih 

Wassalamu’alaikum Wr Wb 

Surakarta, 14 Juni 2019

Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS)

Ketua

Dr. Muinnudinnillah Basri, MA

Sekretaris

Suwondo, SE