2019 Sukoharjo Bakal Berangkatkan 742 Calon Jamaah Haji

0Shares

SUKOHARJO – Tahun ini Kota Makmur bakal memberangkatkan sebanyak 742 calon jamaah haji (CJH). Rinciannya, 351 jamaah laki-laki dan 391 jamaah perempuan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan M. Uhadi menjelaskan, ratusan CJH tersebut diberangkatkan dalam empat kelompok terbang (kloter). Kloter pertama dan kedua sebanyak 352 CJH diberangkatkan 6 Juli.

“Kloter ketiga ada 20 jamaah yang digabungkan dengan jamaah haji dari Karanganyar. Sisanya ikut kloter tambahan sebanyak 13 orang,” ujarya  Kamis (13/6) dilansir radar solo. Dari 13 CJH tersebut termasuk dua jamaah tambahan.

Provinsi Jawa Tengah, imbuh Ihsan, mendapat kuota tambahan sebanyak 10.000 CJH. Otomatis, kuota Sukoharjo juga bertambah dari 381 jamaah menjadi 742 jamaah.

Pendataan Kantor Kemenag Sukoharjo, sebanyak 38 CJH masuk kategori berisiko tinggi (risti) karena berusia di atas 70 tahun. Di antaranya Marti Martotripogo yang berusia 89 tahun warga Bendosari.

Sedangkan jamaah termuda yakni Navita Suci Nur Ariviana berusia 18 tahun warga Kartasura.   “Untuk persiapan haji tahun ini kami sudah melakukan tahapan pengusulan visa, pengelompokan regu rombangan, dan tentunya manasik haji,” terangnya.

Di tingkat kecamatan, manasik haji sudah dilakukan sebanyak enam kali, sedangkan tingkat kabupaten bakal digelar 18 dan 19 Juni.   “Kesehatan calon jamaah sudah dicek. Alhamdulillah dalam keadaan baik. Kondisi kesehatan harus terus dijaga. Suhu di Arab Saudi cukup tinggi. Patuhi anjuran kesehatan,” tegasnya. []