Babinsa Koramil 23 Ceper Salurkan Zakat Fitrah

0Shares

KLATEN – Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, Kodim 0723/Klaten melalui jajarannya memerintahkan untuk menyalurkan zakat fitrah ke warga desa binaannya, masing-masing seperti halnya yang dilakukan Koramil 23 Ceper, belum lama ini.

Dilansir suara merdeka Senin (3/6) pada kesempatan itu Kapten Inf Dwi Haryono selaku Danramil 23 Ceper juga menerangkan bahwa zakat fitrah adalah merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Zakat tergolong ibadah Ijtimaiyah yakni ibadah kemasyarakat. Namun untuk zakat fitrah itu sendiri tujuannya ada dua yaitu untuk membersihkan diri dari dosa dan harta yang tidak halal serta untuk berbagi kepada kaum fakir miskin.

“Zakat ini bisa dinikmati sepenuhnya bagi penerima, makna luasnya yaitu untuk menyejahterakan masyarakat dari golongan fakir miskin, zakat fitrah adalah hukumnya wajib untuk dilaksanakan oleh setiap kaum muslim dari anak yang baru dilahirkan sampai orang dewasa yang tua renta yang beragama islam namun zakat mal tetap harus dilaksanakan “ tutur Danramil.

Zakat fitrah dari Kodim Klaten diserahkan langsung oleh para Babinsa Koramil 23 Ceper ke rumah para penerima, sehingga tepat sasaran dan dapat langsung dirasakan. []