Marhaban Yaa Ramadhan 1440 H, SDIT Nur Hidayah Gelar Tarhib Ramadhan

0Shares

SOLO – Keriuhan penuh suka cita tampak di halaman gedung barat SDIT Nur Hidayah pagi ini, Sabtu, 4 Mei 2019. Anak-anak bergembira dengan memakai topi kreativitas berwarna-warni, serta membawa poster bertuliskan aneka motivasi tentang Ramadhan. Marhaban Yaa Ramadhan 1440 H. Hari ini, SDIT Nur Hidayah gelar pawai Tarhib Ramadhan yang mengawali rangkaian kegiatan Ramadhan di sekolah yang lekat dengan budaya Islami ini.

Sekitar pukul 07.00 WIB, acara dibuka dengan lantunan Surat Adh-Dhuha berjamaah oleh seluruh peserta Tarhib Ramadhan, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SDIT Nur Hidayah, Ustaz Waskito, yang menyampaikan tentang motivasi berpuasa.

Yel-yel semangat puasa dari setiap paralel kelas semakin memeriahkan suasana tarhib. Suara  jimbe ataupun bekas galon air minum dari beberapa siswa pun terkadang terdengar mengiringi yel-yel para peserta dan menambah semangat mereka.

Tarhib Ramadhan 1440 H diikuti sekitar 600 peserta, baik dari kalangan siswa maupun guru-karyawan ini, dilanjutkan dengan pawai ceria yang terbagi menjadi dua rute. Siswa-siswi kelas 1 dan 2 berkeliling melewati jalur timur, dari SDIT Nur Hidayah menuju Lapangan Segitiga Kerten, lalu melewati pasar buah Kerten.

Sedangkan siswa-siswi kelas 3 ke atas berkeliling lewat jalur barat, SDIT Nur Hidayah menuju SMPN 2 Surakarta, perkampungan Jajar dan Kerten, hingga Rumah Makan SS Kerten. Saat pawai tarhib ini, para siswa membagikan jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H, serta berbagi bingkisan kecil ke warga sekitar.

Anak-anak terlihat antusias saat mengikuti pawai.  ” Aku senang dengan Tarhib Ramadhan karena seperti ikut pawai. Ada berbagai poster dan yang paling aku sukai saat berbagi bingkisan”, ungkap Nahla (8), siswa kelas 2.

Sementara Hilmy (10), siswa kelas 5 sekaligus salah satu pemimpin yel-yel tim siswa putra mengungkapkan, “Tarhib Ramadhan ini adalah yang ke-5 kalinya kuikuti selama di SDIT Nur Hidayah. Meskipun demikian, aku tetap menyukainya karena sebentar lagi Ramadhan, bisa shalat tarawih,” katanya.

Ustazah Yan Syakila, selaku ketua panitia mengungkapkan, “Kegiatan Tarhib Ramadhan ini adalah kegiatan awal dari serangkaian kegiatan Ramadhan berikutnya. Akan ada pengumpulan ZISWAF pada tanggal 8 – 25 Mei 2019, Pesantren Ramadhan pada 22 – 25 Mei 2019, dan Daurah Ramadhan  pada 27 Mei 2019,” jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memicu semangat menebar kebaikan selama Ramadhan 1440 H baik saat menyambut, di tengah, maupun sampai di penghujung bulan. Tema kegiatan Ramadhan kali ini adalah ‘Dengan Ramadhan, Latih Kejujuran, Raih Kemenangan’. Ramadhan akan datang sebagai hadiah Allah untuk metamorfosis jiwa umat islam. Semoga upaya kita menanamkan kegembiraan menyambut Ramadhan kepada anak didik kita menjadi amal baik bagi kita semua.

Sementara, Ustadz Waskito, menyatakan sangat mendukung kegiatan sekolah selama Ramadhan. “SDIT Nur Hidayah adalah sekolah berbudaya Islam yang selalu gembira dengan datangnya Bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan keutamaan dan pahala berlimpah. Tarhib Ramadhan ini adalah program rutin tahunan yang selalu dinanti sebagai syi’ar kepada masyarakat sekitar terkait kegembiraan menyambut bulan yang istimewa ini, bulan yang seyogyanya semua Umat Islam bersukacita menyambutnya,” pungkasnya. []