Bertepatan Hari Raya Idul Fitri, ISAC Minta Kegiatan Hari Jadi Boyolali Dijadwalkan Ulang

0Shares

SOLO – The Islamic Study and Action Center (ISAC) menyampaikan keberatan terkait rencana pelaksanaan hari jadi Kabupaten Boyolali yang akan diselenggarakan pada hari Rabu 5 Juni 2019. ISAC beralasan karena hal itu bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

“Kepada Bupati Boyolali dan Panitia Hari jadi Kabupaten Boyolali ke 172 dan para Camat untuk menjadwalkan ulang peringatan hari jadi Kabupaten Boyolali, sebaiknya diundur setelah libur idul Fitri,” ujar Sekretaris ISAC, Endro Sudarsono, Jumat (31/5).

Berdasarkan kalender libur nasional tertulis bahwa tanggal 5-6 Juni 2019 adalah hari libur nasional keagamaan yaitu hari raya Iedul Fitri 1440 H. Hari raya Iedul Fitri diawali dengan kegiatan takbiran dan sholat idul Fitri dan dilanjutkan khotbah Idul Fitri.

ISAC juga mendesak kepada Ketua MUI Kabupaten Boyolali untuk memberikan pendapat dan sikapnya atas kebijakan Panitia Hari Jadi Kabupaten Boyolali ke 172 yang bertepatan hari Idul Fitri dengan mempertimbangkan hak hak umat Islam

“Meminta kepada Komnas HAM dan Ombudsman untuk menginvestigasi dugaan pelanggaran HAM dan maladministrasi yang dilakukan oleh panitia atau penyelenggara,” tutupnya. []