MAN 1 Adakan Kembul Bujana Hari Guru Nasional

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Ada yang berbeda di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta, Rabu (25/11/2020). Nampak beraneka warna hidangan tersaji rapi di atas meja yang ada di ruang guru. Suasana terasa riuh dan dinamis. Ada yang menata hidangan yang ada agar lebih rapi lagi karena banyaknya hidangan yang tersedia. Ada nasi kuning, nasi tumpeng ukuran jumbo, juga nampak beraneka warna lauk pauk yang melengkapi hidangan, mulai tahu, tempe, lele goreng, ayam goreng. Juga nampak beraneka ragam buah yang tentu sangat mengundang selera. Demikian dilansir dari laman kemenag.

Inilah suasana yang tercipta saat diadakan acara, Kembul Bujana Hari Guru Nasional yang diadakan oleh seluruh guru dan karyawan MAN 1 Surakarta. Sesuai namanya Kembul Bujono, acara ini berupa makan bersama dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh tiap tanggal 25 Nopember. Hari Guru Nasional ditetapkan pada 25 November bertepatan dengan hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Penetapan Hari Guru Nasional ini berdasar keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Menurut wakil Kepala bidang humas Suharno, kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan dan memupuk tali persaudaraan diantara seluruh warga MAN 1 Surakarta.

baca: Tingkatkan Kualitas Guru dan Pegawai, MAN 2 Sragen Gelar Workshop

“Diharapkan dengan kegiatan ini bisa melahirkan rasa kekompakan dan kekeluargaan seluruh warga MAN 1 Surakarta yang diharapkan dapat meningkatkan etos kerja sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan,” kata Suharno.

Sebelumnya seluruh guru mengikuti upacara hari guru nasional yang dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi zoom. Seluruh peserta mengikuti upacara dengan hikmat di ruang guru setempat.

Selanjutnya  menikmati hidangan yang merupakan swadaya dari seluruh guru karyawan dengan  membawa hidangan masing-masing. Hal ini sebagai wujud kebersamaan dan juga solidaritas dari seluruh warga MAN 1 Surakarta. Sebelumnya diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh ustadz Ali Muhson.