HSBB, MTsN Surakarta 1 Gelar Serangkaian Lomba

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – MTsN Surakarta 1 menutup serangkaian lomba peringatan Hari Santri dan Bulan Bahasa (HSBB) 2020 dengan melaksanakan penyerahan penghargaan kepada juara lomba. Penyerahan penghargaan untuk juara dilaksanakan di Halaman MTsN Surakarta 1 pada hari Rabu (4/11).

Kegiatan ini diikuti oleh juara lomba Hari Santri dan Bulan Bahasa yang terdiri dari siswa/i MTsN Surakarta 1 dan siswa/i SD/MI di Solo Raya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Rangkaian lomba yang bertajuk Santri Literat untuk Indonesia Kuat ini dilaksanakan secara daring (online).

“Meskipun keadaan pandemi kegiatan yang rutin setiap tahun ini tetap dilaksanakan dengan teknis yang berbeda. Kita laksanakan dengan daring,” jelas Ulis Manto selaku ketua panitia peringatan Hari Santri dan Bulan Bahasa 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring mengingat pandemi yang belum reda sehingga tidak memungkinkan untuk mengumpulkan peserta didik di madrasah.

“Melalui kegiatan ini kami berharap semangat Hari Santri dan Sumpah Pemuda dapat dirasakan oleh seluruh peserta didik. Semangat itu diwujudkan dengan tetap berkarya dan berkompetisi meskipun dari rumah masing-masing,” tambahnya.

Lomba Hari Santri dan Bulan Bahasa MTsN Surakarta 1 dilaksanakan selama satu pekan yaitu tanggal 22-28 Oktober 2020. Meski demikian, sosialisasi lomba telah dilaksanakan pada awal Oktober agar peserta didik memiliki waktu untuk persiapan di setiap cabang lomba.

“Persiapan sekitar dua sampai tiga hari. Alhamdulillah Allah beri kemudahan. Persiapannya yang pasti mencari arti dari naskah pidato yang akan dibawakan agar bisa benar-benar menjiwai naskahnya, selain itu karena lombanya pidato bahasa inggris jadi banyak berlatih pronunciation atau pelafalan. Tantangan baru dan seru pastinya” ujar Naya sapaan akrab Aisyah Nihayah kelas 8A, juara 1 lomba pidato bahasa Inggris.

baca: SD Ta’mirul Islam Solo Gelar Lomba Video Kreatif dan Lomba Video Hafalan

“Ajang ini sangat dinantikan anak-anak untuk media berekspresi, berkarya, dan belajar di luar kegiatan kurikuler madrasah” tanggapan Innayati, wali kelas 9PK1 yang menjadi juara umum lomba peringatan Hari Santri dan Bulan Bahasa 2020.

“Sebenarnya anak-anak sangat antusias untuk mengikuti serangkaian kegiatan ini. Sebagai tim kelas kami selalu menyemangati anak-anak. Di samping itu, kami juga selalu memantau karya yang dibuat oleh anak-anak dengan meminta video yang akan dilombakan sebelum dikirim ke panitia. Alhamdulillah berkat semangat dan kerja sama anak-anak, 9PK1 menjadi juara umum tahun ini” imbuhnya.

Lomba peringatan Hari Santri dan Bulan Bahasa tahun ini tidak hanya diikuti oleh siswa/i MTsN Surakarta 1. Terdapat dua cabang lomba yang diperuntukkan bagi siswa/i SD/MI yaitu lomba khitobah dan membaca puisi. Dua cabang lomba ini diikuti oleh SD/MI se-Solo Raya. SD/MI yang mendapat juara pada dua cabang lomba ini diantarnya dari MIM PK Kenteng Boyolali, MIN Surakarta, MI Al Islam Surakarta, SD Djama’atul Ichwan Surakarta, dan SD Muhammadiyah PK Kota Barat. “Alhamdulillah bangga dan bahagia bisa mewakili sekolah dan mendapatkan juara pada lomba ini. Semoga tahun depan bisa ikut lagi dan bisa mendapat juara,” ujar Nadhif, juara 3 lomba Khitobah dari MIN Surakarta.

Lomba Hari Santri dan Bulan Bahasa MTsN Surakarta 1 merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun dan bertujuan menjaring bakat serta menjadi ajang berekspresi untuk siswa.

“Kami berharap melalui lomba ini dapat menemukan bibit-bibit siswa berprestasi di bidang nonakademik di MTsN Surakarta 1 yang selanjutnya siap berkompetisi mewakili madrasah. Sehingga dapat mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat di bidang akademik maupun nonakademik” tutup Ulismanto.