Kemenag Sukoharjo Buka Layanan Pengukuran Arah Kiblat Masjid Secara Gratis

0Shares

SUKOHARJO, (Pancaran.net) – Kementerian Agama memberikan layanan pengukuran arah kiblat secara gratis. Dengan pengukuran ini diharapkan arah kiblat masjid bisa tepat karena jadi acuan bagi masyarakat dalam beribadah sholat di masjid.

Adalah kewajiban umat Islam untuk shalat menghadap ke kiblat di Masjidil Haram. Salah satu tugas TIM Gara Zawa Kankemenag bersama BHRD Kabupaten Sukoharjo adalah pelayanan mengukur arah kiblat masjid-masjid. Kementerian Agama kabupaten Sukoharjo pun memiliki alat untuk itu.

Dilansir kemenag, program ini diutamakan bagi masjid yang baru akan dibangun, meskipun masjid lama tetap bisa memanfaatkan layanan ini. ”Masyarakat bisa mengirimkan surat kepada kami untuk membantu mengukur arah kiblat menggunakan alat dari kami sesuai perhitungan falak arah kiblat, gratis,” kata Tri Minarno Selaku ketua Gara Zawa Rabu (09/09).

Surat masyarakat untuk pengukuran arah kiblat bisa ditujukan ke Kakankemenag Kabupaten Sukoharjo. Kali ini dari desa Klegen Jetis Sukoharjo dengan Nomor: 471/381/IX/2020 tanggal 9 September 2020 perihal permohonan pengukuran arah kiblat Masjid.

baca: Kemenag Jalin Silaturahim ke Takmir Masjid Agung

Suasana saat dilangsungkannya pengukuran arah kiblat cuaca sangat cerah bahkan terik matahari pun terasa menyengat. Pun ketika pengukuran berlangsung,warga sekitar masjid dan  pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) begitu antusias mengikuti  dan menyaksikan pengukuran arah kiblat yang mana sudah ditunggu-tunggu sejak pagi.

Proses pengukuran arah kiblat berjalan lancar tidak ada kendala sama sekali, hanya saja jalan menuju lokasi kurang lebar untuk dua mobil agak susah sehingga harus salah satu berhenti untuk mengalah.

Selesai pengukuran arah kiblat pihak DKM mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dari Tim Kemenag Kabupaten Sukoharjo dan BHRD yang telah membantu pengukuran arah kiblat Masjid Ar-Roja dan dilanjutkan  penandatanganan berita acara hasil pengukuran arah kiblat Masjid “AR-ROJA”   Desa Klegen Jetis Baki Sukoharjo.