Sambut Tahun Baru Islam Forsitamam Gelar Sejumlah Kegiatan

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Memperingati tahun baru Hijriah 1442 Forsitamam (Forum Silaturahim Takmir Masjid dan Mushola) se Kelurahan Joyontakan, Kecamatan Serengan menyelenggarakan sejumlah agenda kegiatan. Diantaranya jalan sehat, pasar muamallah, serta donor danar.

Ditemui usai acara Ketua Forsitamam, Ustadz Suharno kepada Pancaran memberikan penjelasannya,

“Latar belakang diadakan acara ini adalah membangkitkan semangat umat Islam yang sekian waktu dinina bobokan karena Corona. Selain itu untuk membangun kembali ibadah dengan sungguh-sungguh kepada Allah,” ujarnya Ahad (13/9/2020).

Dari awal panitia menargetkan peserta 1000 namun dalam kenyataannya yang mengikuti acara jalan sehat mencapai 1500 peserta, sedangkan untuk donor darah dikuti 80 peserta. Dalam acara ini juga dilakukan protokol kesehatan yaitu dengan penggunaan masker, cuci tangan hingga penyemprotan disinfektan.

baca: Peringati 1 Muharram, Syariah Hotel Gelar Kajian dan Bersih-Bersih Masjid

Ustadz Suharno menambahkan, diadakannya pasar muamallah memiliki tujuan agar umat Islam cinta terhadap tetangga dan saudara muslim dengan demikian jika ini dilakukan akan mampu membangkitkan ekonomi umat.

Peserta antusias dalam mengikuti acara ini ditambah lagi dengan dengan diadakannya pemberian hadiah bagi peserta mulai dari alat rumah tangga bahkan sepeda.

Mewujudkan Kampung Santri

Forsitamam sendiri berdiri pada tanggal 17 Juni 2020 yang dikukuhkan oleh Lurah Joyontakan. Dengan terbentuknya Forsitamam kita berharap umat Islam memiliki kekuatan tidak dihina ataupun dilecehkan.

“Target kita kedepan adalah mewujudkan Joyontakan Kampung Santri, saat ini kita galang pembelajaran Iqra’ yang sudah diikuti dari anak-anak hingga bapak-bapak,” katanya.

Joyontakan dikenal daerah kumuh dan banyak pelaku kemaksiatan. Dengan hadirnya Forsitamam maka citra itu perlahan pudar dan berubah menjadi lebih baik.

Forsitamam sendiri memiliki visi dan misi dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dakwah, hukum dan advokasi.