Menu Close

Gembleng Aktivis Melek Hukum, DSKS Gelar Daurah Advokasi

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Tidak maksimalnya penangan hukum terkait pelaporan yang melibatkan seorang aktivis Islam telah menciderai rasa keadilan. Terkait persoalan tersebut Divisi Advoksi DSKS (Dewan Syariah Kota Surakarta) menyelenggarkaan daruah advokasi.

Acara yang diikuti 75 aktivis Islam Solo raya tersebut diselenggarakan pada hari Ahad (26/7/2020) di Kantor DSKS Pajang, Laweyan. Hadir sebagai pembicara pengacara dan advokot senior, Djoko Trisno W, SH.

Muhammad Amin, SH selaku Ketua Panitia kepada wartawan menjelaskan bahwa kegiatan daurah ini diselenggarakan sebagai pembelajaran terdahap aktivis Islam di Solo raya . Agar mereka lebih cermat dan mahir dalam melaporkan kejadian baik itu yang sifatnya masyarakat (perorangan), komunal ataupun tokoh publik.

Dalam penyampaiannya Djoko Trisno menekankan bahwa mandegnya pelaporan salah satu penyebannya adalah tidak sempurnanya materi pelaporan sehingga kepolisian kesulitan untuk mengungkap atau memproses hukum.

“Laporan harus disertai data atau informasi yang lengkap. Sebagai contoh tentang TKP, informasi terduga atapun bukti-bukti pelanggaran yang dilakukan,” katanya.

Amin berharap melalui kegiatan daurah ini para aktivis semakin paham tentang prosedur hukum, sehingga kedepannya dapat maksimal dalam melaporkan siapa saja melakukan pelanggaran hukum.

“Kedepan Divisi Advokasi DSKS juga akan menyelenggarakan kegiatan serupa namum dengan tema materi yang berbeda,” pungkasnya.