Menu Close

Muhammadiyah Solo Akan Alihkan Sebagian Anggaran Kurban untuk Penanganan Covid-19

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta akan mengalihkan sebagian anggaran kurban untuk membantu penanganan Covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di lokasi penyembelihan hewan kurban.

Ketua PDM Surakarta Subari menjelaskan, status bencana yang tengah melanda dapat dijadikan dasar pengalihan anggaran kurban tahun ini. Muhammadiyah menganjurkan warganya untuk membayarkan bantuan penanganan Covid-19 senilai hewan kurban.

“Anjurannya, kurban diwujudkan dana untuk diperbantukan penanganan Covid ini. Hitung-hitungannya ulama Muhammadiyah, membantu bencana ini hukumnya wajib. Kalau kurban ini kan sunnah muakaddah,” kata Subari, Rabu (22/7). Seperti dilansir radarsolo.

Hal ini, lanjut Subari, pernah dilakukan Muhammadiyah saat kejadian bencana tsunami Aceh 2004. Saat itu, banyak kurban warga Muhammadiyah diwujudkan uang, kemudian dikirim ke Aceh untuk membantu penanganan bencana di Tanah Rencong.

“Kalau di Muhammadiyah langsung dikelola Lazismu, sudah diurus semua di sana. Tetapi, kalau memang sudah terlanjur membeli hewan kurban, ya nggak apa-apa,” papar dia.

sumber: radarsolo