7 Bulan Tak Rasakan Hujan, Warga Desa Tulas Gelar Shalat Istisqa

0Shares

KLATEN, (Pancaran.net) – Pemerintah Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo bersama warga, melakukan shalat Istisqa di lapangan Sekolah Dasar (SD) Tulas pada Jum’at, (25/10/1019) siang.

Shalat istiqa yang dimulai sekitar pukul 13.00 wib hingga pukul 14.00 wib tersebut dihadiri puluhan warga mulai dari kaum wanita, anak anak dan kaum pria.

Salah satu tokoh masyarakat setempat Ustadz Gunawan menjelaskan bahwa sudah sekitar 7 bulan terakhir, sekitar 6000 warga desa Tulas belum merasakan hujan dampak dari musim kemarau panjang.

“Saya mewakili dari pemerintah desa melihat bahwa desa Tulas itu sebagian dusunnya sudah mengalami kekeringan, sumur sumurnya sudah pada kering, maka inisiatif mengajak warga desa untuk mengadakan shalat istisqa sebagai wujud hajat kita meminta segera diturunkun hujan oleh Allah Subhanahu Wata’ala,” katanya.

Ustadz Gunawan yang sekaligus sebagai Modin desa Tulas tersebut berharap apa yang dilakukan oleh warga Tulas yang mayoritas berprofesi sebagai petani tersebut dikabulkan oleh Allah Subahanahu Wata’ala.

“Harapannya mudah mudahan harapan umat Islam desa Tulas khususnya, bisa diijabahi oleh Allah Subahanahu Wata’ala hinga diturunkan hujan yang memberi manfaat bagi makhluk Allah Subahanahu Wata’ala,” paparnya.

Sementara itu, imam sekaligus khatib shalat Istisqa ketua pembina Yayasan Dakwah Salimah Lentera Umat (YDSLU) ustadz Surawijaya dalam khutbahnya meminta agar umat Islam berserah diri dan bermuhasabah agar Allah memberikan rahmatnya hingga apa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah.

“Karena yang berkuasa menurunkan hujan Allah, mari merendahkan diri menjadi bagian dari manusia yang banyak doa, mungkin melalui wasilah, hewan ternak kita, melalui makhluk makhluk kecil yang ada dibawah kita justru Allah mengabulkan doanya hingga menurunkan hujan yang bermanfaat,” ucapnya. []

Reporter: Ristyan A