Presidium #KamiOposisi Soloraya Dideklarasikan

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Periode kedua Jokowi sebagai presiden, hampir semua partai melebur dalam koaIisi pemerintahan. Seolah tidak ada yang rela kehilangan “kue kekuasaan”. Kondisi politik yang demikian membuat rakyat harus berdiri sendiri, meniadi oposisi, berhadap hadapan dengan elit kekuasaan.

Terkiat hal itu maka dideklarasikan gerakan oposisi yang terdiri dari lapisan masyarakat non partai. Kamis (24/10).

“Menjadi oposisi berarti mengemban tugas sebagai penyeimbang kekuasaan, mengoreksi setiap produk legislasi dan kebiiakan pemerintah yang tidak memihak kepada rakyat. Oposisi berarti pula meneruskan perjuangan para pahlawan yang bercita cita Negara Indonesia meniadi Negara makmur, adil dan seiahjera. Inilah hakikat meniadi oposisi, yang hari ini ditelantarkan,” ujar Dr Muhammad Taufik Koorditaror Presidium #KamiOposisi.

Kehadiran gerakan #KamiOposisi sangat diperlukan mengingat pemerintahan Joko Widodo selama periode pertama bisa tidak maksimal di semua bidang. Dalam bidang hukum, pemerintah memperlihatkan praktek disparitas pidana yang bertolakbelakang dengan keadilan. Di bidang ekonomi pemerintah gagal mewuiudkan pemerataan ekonomi. Sedangkan Hak Asasi Manusia (HAM) begitu dilecehkan dengan pembungkaman don indukan represif aparat terhadap para demonstran, bahkan hingga jatuh korban jiwa.

“Sudah saatnya kita menjadi oposisi sebagai penyeimbang kekuasaan. Untuk mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak memihak kepada rakyat. Termasuk mengoreksi setiap produk legislasi,” tandasnya.

Muhammad Taufik menambahkan, tata pemerintahan yang ideal selain memerlukan seperangkat aturan yang berkeadilan dan pemerintah yang amanah, juga meniscayakan diperlukannya partisipasi masyarakat dalam mengontrol jalannya roda pemerintahan.

Sikap kritis masyarakat sangat diperlukan untuk mengimbangi kewenangan besar yang melekat pada penguasa berupa kewenangan membuat aturan dan kewenangan memerintah atau membuat kebijakan. Selain dilakukan masyarakat, fungsi kontrol idealnya iuga dilakukan oleh partai-partai di parlemen. []