Sedihnya Kakek Ini Kena Tipu Uang Palsu

0Shares

SOLO – Pasangan suami istri paruh baya di Solo menjadi korban penipuan uang palsu (upal) sebesar Rp400 ribu oleh orang tidak dikenal. Pelaku pura-pura membeli rokok dan tukar uang receh kepada korban.  Kasus tersebut saat ini dalam penanganan aparat kepolisian Solo. Selasa, (14/5).

Suroso 92 tahun dan istrinya parjiem 83 tahun warga kampung Badran Rt 06 Rw 10 Kelurahan Pucang Sawit, Jebres, ini hanya bisa pasrah menerima nasibnya ditipu orang tak dikenal.

Saat menjaga warung klontong miliknya di Jl Juanda, Solo korban kena tipu pembeli yang membayar dengan uang palsu. Peristiwa terjadi pagi tadi sekitar pukul 05.30.

Menurut Suroso, awal kejadian ketika ada dua orang laki-laki dan perempuan turun dari mobilnya untuk membeli rokok berjumelah 16 bungkus. Pembelian itu dibayar dengan uang tiga ratus ribu rupiah, kemudian pelaku juga menukarkan uang seratus ribuan kepada korban.

Setelah pelaku pergi, korban baru menyadari kalau uang itu palsu ketika kerabatnya mengecek uang tersebut ternyata palsu. Namun terlambat, pelaku sudah pergi dengan mobil bernopol AA ke arah timur.

Kapolsek Jebres, Kompol Juliana yang sengaja mendatangi korban, meminta kepada warga untuk lebih berhati-hati. Sementara uang palsu milik warga tersebut diminta dan diganti dengan uang Rp400 ribu pecahan seratus ribu asli. Uang palsu tersebut dibawa polisi untuk dijadikan barang bukti.

Sementara Mulyono, saksi kerabat korban, mengatakan dirinya yang pertama kali mengetahui kalau uang itu palsu setelah diraba dengan teliti dan membandingkannya dengan uang asli.

Saat ini peredaran upal solo dalam penanganan kepolisian Polsek Jebres. Polisi akan melakukan penelusuran dan memburu pelaku untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. []