Disarpus Gelar Pustaka dan Arsip Solo 2019

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kota Surakarta menggelar acara Gelar Pustaka dan Arsip 2019. Kegiatan rutin tahunan Disarpus Surakarta ini dalam rangka memacu minat baca dan budaya membaca masyarakat Solo dengan memanfaatkan fasilitas Disarpus Surakarta.

Kepala Disarpus Surakarta, Sis Ismiyati kepada wartawan dalam jumpa pers pada Senin siang (7/10) menjelaskan serangkaian acara yang dimaksud. Khusus tahun ini event diadakan di Kantor Arpusda Surakarta yang beralamat di Jalan Hasanudin No 12 Punggawan, Banjarsari. Dikarenakan pada kesempatan tersebut akan dilaunching fasilitas penunjang berupa audio visual 6D.

“Rencana akan dihadiri pak wali, ini masih on schedule, meskipun beliau masih di Jakarta tapi masih on schedule rencana pak wali nanti yang akan melaunching audio 6D,” tutur Sis.

Pada hari pertama pembukaan oleh Walikota Surakarta, F. X. Hadi Rudyatmo tersebut diagendakan akan dilaksanakan bedah buku Bolokuncoro. Buku Bolokuncoro merupakan salah satu program kerja dari F. X. Hadi Rudyatmo selaku Walikota Surakarta dalam rangka menciptakan budaya baca pada anak-anak di Surakarta. Buku tersebut akan dibedah oleh narasumber yang kompeten dibidangnya.

Sis Ismiyati menjelaskan pula tentang dukungan Disarpus pada perkembangan dunia kreativitas anak di Surakarta, khususnya melalui event ini pihaknya mengadakan berbagai lomba khusus bagi anak. Aneka ragam jenis lomba akan mewarnai berlangsungnya acara Gelar Pustaka dan Arsip 2019 seperti lomba mewarnai khusus siswa Paud/ TK, lomba menyanyikan lagu daerah Jawa Tengah untuk siswa SD, lomba menyanyikan lagu perjuangan kategori SMP, serta lomba mendongeng khusus untuk ibu-ibu.

“Seperti biasa kita menggandeng penerbit, UMKM untuk memeriahkan acara ini, ada dari Perpusnas, kemudian dari Abiyoso Bandung (Balai Literasi Braile Indonesia atau BLBI- Red), Lippi Bandung yang memang kita kerjasama pemutaran film,” kata Sis Ismiyati.

Acara yang berlansung pada Rabu sampai dengan Sabtu (9-12/10) ini akan dimeriahkan oleh sejumlah hiburan seperti tarian, perform anak-anak kreatif Solo, tembang kenangan, dan lain-lain. Sis berharap melalui event tersebut bisa membuat keberadaan perpustakaan tetap eksis di tengah-tengah dunia internet dan digital.

Pihaknya pun tidak memungkiri jika hal ini menjadi hal yang dilematis bagi pengembang perpustakaan, pihaknya pun mau tidak mau mengadakan program-program kreatif seperti perpustakaan keliling di Kota Surakarta, belum lagi selama beberapa tahun terakhir pihaknya mengadakan gelar pustaka di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Solo. []

Reporter: Kukuh Subekti