Serunya Siswa PAUD IT Nur Hidayah Belajar Membatik

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh di hari Rabu, 2 Oktober 2019, PAUD IT Nur Hidayah Surakarta menyelenggarakan kegiatan berkreasi batik. Kegiatan yang diikuti sekitar 160 anak dari layanan Kelompok Bermain sampai Kelompok B ini mengundang guru tamu dari Batik Puspita Mekar Solo.

Kegiatan berkreasi dengan batik dimulai dengan kegiatan pengenalan alat-alat untuk membatik, seperti canting, cap dari tembaga, plangkan, wajan, kompor minyak, pewarna dan sebagainya. Setelah itu anak-anak diminta untuk praktek berkreasi dengan batik.

Selain dengan Batik Puspita Mekar, anak-anak juga membuat kreasi pernak-pernik dari kain batik seperti gelang, gantungan kunci, boneka dan lain sebagainya. Kegiatan ini dipandu oleh teman-teman mahasiswa magang dari PG PAUD Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dewi Marsiyah, Kepala PAUD IT Nur Hidayah Surakarta menyampaikan kegiatan berkreasi dengan batik ini harapannya bisa memperkenalkan ke anak-anak tentang salah satu keunikan dari budaya Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan bisa menginspirasi anak-anak untuk menjadi lebih kreatif dan mengasah jiwa entrepreneur sejak dini. []