SDII Al Abidin Peringati Hari Batik

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Sekolah Dasar Islam Internasional (SDII) Al Abidin Surkarta ikut memperingati hari batik nasional ke-10 sejak ditetapkannya batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. Pada hari Rabu (2/10) seluruh civitas akademika SDII Al Abidin mengenakan baju batik dan juga melaksanakan kegiatan membatik.

Seluruh siswa SDII Al Abidin diperkenalkan pada dunia batik, dan cara membatik. Mereka dibagi dalam dua kategori, kategori pertama untuk kelas 1-3 mereka diberi kesempatan untuk mewarnai kain motif yang sudah disediakan oleh sekolah. Sementara untuk kategori kedua terdiri dari kelas 4-6 mereka diminta membawa daun atau bunga ke sekolah dan membatik dengan daun atau bunga yang sudah dibawa secara langsung.

“Ini merupakan kali pertama kami merayakan hari batik, alhamdulillah para siswa dan guru-guru sangat mendukung acara ini,” tutur Humas SDII Al Abidin, Fatima Azzahra dalam rilisnya kepada redaksi Pancaran.

Acara membatik kali ini bertema ecoprint, sebuah teknik membatik yang sederhana dan bisa dipraktekan dengan bahan-bahan yang ada disekitar. Salah satu  contohnya adalah kegiatan menempelkan daun atau bunga yang sudah dicelup warna di atas kain polos, bentuk daun dan bunga akan menjadi pola serta motif batik yang indah serta ramah lingkungan. Salah satu bahan yang ramah lingkungan adalah penggunaan tawas sebagai penguat warna batik, sementara itu untuk kegiatan membatik SDII Al Abidin kali ini berlangsung di halaman sekolah. []

Reporter: Kukuh Subekti