KPAI Prihatin Terkait Siswa SMK yang Ikut Demo

0Shares

JAKARTA, (Pancaran.net) – KPAI menyampaikan keprihatinan atas sebagian besar anak-anak berseragam putih abu-abu yang melakukan aksi demo di gedung DPR RI. Menurut KPAI, anak-anak sekolah ini melakukan aksi dengan janjian melalui media social. Saat ini terdeteksi berasal dari Bekasi, Depok dan Jakarta Utara. Sebagian besar di duga siswa SMK (STM).

“KPAI sudah berkoordinasi dengan pejabat Kemdikbud RI, yaitu Ibu Dian Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemdikbud agar dapat segera disikapi ke Dirjen Dikdasmen demi melindungi anak-anak karena aksi berpotensi rusuh,” ujar Retno Listyarti, Komisioner KPAI bidang Pendidikan melalui rilis Rabu (25/9).

KPAI juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, yaitu Ratiyono. KPAI meminta agar Kepala Disdik Jakarta membuat surat edaran melalui aplikasi whatsapp kepada seluruh Kepala Sudin Pendidikan di seluruh DKI Jakarta agar para kepala sekolah segera melakukan komunikasi berantai melalui wali-wali kelas ke para orangtua seluruh siswa untuk mendeteksi keberadaan anak-anaknya.

“KPAI, Kemdikdikbud dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta akan segera menyikapi. Untuk Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (SMA/SMK kewenangannya di provinsi) belum terhubung dengan KPAI. Kami meminta Kemdikbud membantu menghubungi juga,” pungkasnya. []