Aliansi Gerakan Mahasiswa Klaten Desak Polisi Tidak Represif

0Shares

KLATEN, (Pancaran.net) – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Mahasiswa Klaten ikut melakukan aksi menolak sejumlah RUU bermasalah di depan Gedung DPRD Klaten pada rabu, (25/9/2019)

Aksi bertajuk ‘Klaten Bergerak Mahasiswa Berjuang’ tersebut dimulai sejak pukul 10.00 Wib. Masa berkumpul di depan BRI Pusat Klaten kemudian melakukan longmarch menuju kantor DPRD Klaten kemudian melakukan orasi

Awang korlap aksi mengatakan bahwa aksi tersebut sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa yang telah melakukan aksi serupa di berbagai daerah.

“Tuntutan kita sama seperti mahasiswa yang lainnya, mendesak pemerintah dan DPR RI untuk merevisi UU KPK yang baru saja disahkan dan menolak segala bentuk pelemahan terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia,” katanya.

Selain RUU tersebut, RUU Pertanahan juga dinilai Awang bermasalah dan justru menguntungkan korporasi dan merugikan rakyat kecil.

Ia juga mendesak aparat kepolisian tidak bersikap represif terhadap aksi yang dilakukan sejumlah mahasiswa di berbagai daerah.

“Mendorong untuk membuka ruang demokrasi seluas-luasnya serta menghentikan kriminalisasi aktifis di berbagi sektor,” ujarnya.

Ia berharap aspirasi dari mahasiswa Klaten tersebut bisa disampaikan anggota dewan DPRD Klaten kepada DPR RI dan Presiden Jokowi. []

Reporter: Ristyan A