Tilawah Al Qur’an Usai Kerjakan Soal PAT

0Shares

SOLO – Ada yang unik dilakukan para siswi kelas IVC SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta selesai mengerjakan soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2018/2019. Selesai meneliti dan memaksimalkan pekerjaan menyelesaikan soal demi soal, mereka tampak tenang dan khusyuk memanfaatkan waktu luang untuk membaca (tilawah) Alquran. Tentu sambil menunggu bel tanda akhir waktu pengerjaan soal berbunyi.

Jumat (17/05), merupakan hari ke-5 Penilaian Akhir Tahun (PAT). Jam di dinding menunjukkan pukul 08.15, para siswi kelas 4C SDIT Nur Hidayah Surakarta nampak masih bersemangat berjibaku mengerjakan soal-soal Tematik tema 9. Meskipun saat ini mereka dalam kondisi berpuasa, bukan menjadi penghalang baginya untuk mengerjakan soal semaksimal dan sesempurna mungkin. Doa bersama dan murojaah hafalan Alquran tadi pagi menambah kekhusyukan dan ketenangan saat mengerjakan soal.

Usai murojaah Alquran bersama, mereka bersegera menyiapkan alat tulis. Soal pun dibagikan oleh pengawas ruang. Sembari menunggu bel dimulainya mengerjakan, mereka mengisi identitas dulu di bagian atas lembar pertama pada soal. Bel tanda dimulainya mengerjakan berbunyi, pengawaspun meminta para siswa mengucap basmallah, agar diberi kemudahan dan kelancaran. Mereka pun mengerjakan dengan tenang dan teliti.

Yang cukup unik dan menarik, di saat para siswa sudah selesai mengerjakan tes dan meneliti kerjaannya, sambil menunggu waktu pengumpulan, sebagian besar siswi kelas IVC memilih untuk tilawah Al quran. Sejuk rasanya menyaksikan para siswi lebih memilih tilawah dibandingkan aktivitas lain yang kurang memberikan manfaat.

Nadhilah Syifa’ Adlina (10 th), salah satu siswa kelas VIC yang telah berhasil mengkhatamkan tilawah 30 juz di hari ke-12 bulan Ramadhan ini. Saat ditanya kiat-kiatnya bisa khatam 30 juz dalam waktu 12 hari, ia menyampaikan, “Kemarin di awal Ramadhan kan ada 2 hari libur, jadi aku bisa lebih banyak tilawah. Tapi pas PAT ini aku biasanya tilawah 1 juz habis shalat Subuh.”

Endah Sri Handayani, wali kelas IVC menuturkan, “Sejak hari pertama pelaksanaan PAT, memang mereka memanfaatkan waktu luang, termasuk setelah selesai mengerjakan dan meneliti pengerjaan soal PAT, untuk tilawah Alquran. Mereka melakukan mandiri dan inisiatif sendiri. Alhamdulillah, tadi pagi coba saya cek terkait capaian target tilawah, selain Syifa, ada 11 anak yang lain yang juga sudah menyelesaikan tilawah minimal 12 juz sejak awal bulan Ramadhan. Semoga mereka kelak tumbuh menjadi generasi qur’ani dan dimudahkan untuk menjadi para penghafal Al Qur’an,” katanya. []