NA Desak Pemerintah Cepat Tanggap Terhadap Bencana Kebakaran Hutan

0Shares

JAKARTA, (Pancaran.net) – Nasyiatul Aisyiyah (NA) Muhammadiyah melalui pengurus pusatnya di Jakarta mendesak pemerintah untuk segera melakukan aksi cepat tanggap terhadap bencana kebakaran hutan. Kebakaran hutan di Riau, Pontianak, Palangkaraya saat ini cenderung membahayakan bagi kehidupan manusia.

Pengurus Pusat (PP) NA Muhammadiyah, juga mendesak pemerintah untuk mengusut asal mula, memproses hukum dan menindak tegas oknum yang sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan motif apapun. Selain itu pemerintah juga harus cepat tanggap terhadap para korban terutama anak-anak, lansia dan kaum perempuan agar mereka terselamatkan dari bahaya kebakaran hutan dan lahan.

“Mengajak kepada semua pihak untuk bekerjasama menangani korban dan melakukan pemadaman secara berkala atas kejadian kebakaran hutan dan lahan,” ujar Ketua Umum PP NA Muhammadiyah, Diyah Puspitarini melalui rilisnya kepada wartawan. Selasa (24/9).

NA di sejumlah wilayah di Indonesia yang terdampak asap kebakaran hutan telah membagikan masker untuk anak dan dewasa. Nasyiatul Aisyiyah juga telah tergabung dalam emergency response bersama dengan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center). Pihaknya pun menghimbau kepada masyarkat baik yang merupakan kelompok rentan ataupun tidak, untuk tidak keluar rumah apabila tidak untuk urusan yang penting supaya terlindung dari bahaya asap. []

 

Reporter: Kukuh Subekti