Memaknai Tahun Baru Hijriyah Bersama Ustadz Surawijaya di Subuh Barokah

0Shares

SUKOHARJO, (Pancaran.net) – Masjid Sarmad Kranon, Blimbing, Baki, Sukoharjo mengadakan kegiatan subuh barokah Ahad, (22/9/2019) dengan menghadirkan pemateri ketua pembina Da’i Salimah Sukoharjo ustadz Surawijaya.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa ustadz Rowi ini mengajak jamaah untuk senantiasa memperbaharui iman kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

“Untuk memperbarui Iman, seharusnya tiap pagi dan sore untuk berdzikir membaca Radhitu billahi rabba, wa bil islami dinan wabi Muhamma din nabiyya wa Rasulla,” katanya.

Lebih lanjut, ustadz Rowi menyebut ada beberapa poin yang bisa diambil dalam memaknai momen tahun baru Islam 1441 H seperti saat ini.

“Pertama memberi spirit umat Islam, kedua memberi semangat persatuan ketika hijrah ada saling keterkaitan antara muhajir dan anshor,” ungkapnya.

Sebagimana Umar bin Khattab yang meletakan dasar keimanan dengan mejadikan tahun hijriyah, agar umat Islam mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap agama Islam.

Terakhir ustadz Rowi memberi contoh teladan terkait yang dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam ketika Hijrah.

“Membangun Masjid untuk membangun peradaban dengan mengamalkan Al Qur’an, lalu mempersatukan umat menjadi saudara seiman dengan Ta’aruf, Tafahum, Ta’awun, Takaful dan yang terakhir membangun pasar atau perekonomian,” tandas ustadz Rowi. []

Reporter: Ristyan A