Kajian Muslimah FSLDK Soloraya Sosialisasikan Bahaya RUU-PKS

0Shares

KARANGANYAR, (Pancaran.net) – Dalam momen Internasional Hijab Solidarity Day (IHSD) tahun 2019, Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Soloraya mengadakan kegiatan spesial even kajian muslimah bertajuk ‘Hijab Is My Indentity’ di aula bawah Masjid Agung Karanganyar ahad, (22/9/2019).

Dalam kajian muslimah tersebut, hadir sebagai pembicara dosen FH UNS Lutfiyah Trini Hastuti, S,H. dan Kabid Kemuslimahan FOMMPAS UNS Khusnul Khotimah, S.Tp.

Ketua panitia kegiatan IHSD 2019 Soloraya Siti Fatimah menjelaskan bahwa tahun ini kegiatan IHSD dikemas dalam bentuk kajian guna memahamkan muslimah akan adanya isu RUU PKS yang dinilai merugikan kaum wanita.

“Jadi acara hari ini dimulai jam 09.00 wib dan tahun ini dibuat dengan konsep kajian muslimah, dan IHSD sendiri juga akan diselipkan dengan materi RUU-PKS,” katanya kepada Pancaran.

Siti menilai bila RUU-PKS disahkan oleh pemerintah, maka yang lebih banyak dirugikan justu dari kaum wanita terutama persoalan yang menyangkut kejahatan seksual.

“Sebagai muslimah kalau dilihat lihat kalau RUU-PKS itu disahkan akan berimbas pada muslimah itu sendiri, kalau ada kasus kekerasan seksual, apabila ada yang melapor, nanti tidak ada undang undang yang mengaturnya, nanti muslimah yang akan menanggungnya,” ungkapnya.

Untuk itu, kegiatan kajian muslimah tersenut dirasa sangat perlu diadakan sebagai bentuk memberikan pemahaman akan bahaya RUU-PKS kepada muslimah di wilayah Soloraya serta masyarakat luas.

Panitia kegiatan IHSD 2019 meminta peserta kajian untuk membubuhkan tanda tangannya di spanduk sebagai bentuk dukungan terhadap penolakan RUU-PKS.

“Nah nanti diakhir acara peserta diminta untuk tanda tangan dibelakang spanduk sebagai bentuk dukungan penolakan RUU-PKS 2019, peserta juga tau dan bisa mengambil sikap akan isu ini dan semoga aksi dukungannya juga paling tidak bisa dilihat orang orang dan mereka juga tau apa sih dampak dari RUU-PKS,” tandasnya.

Selain dari FSLDK Soloraya, kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Salimah Surakarta, Fosremka, Fommas UNS, dan Rumah Rohis Karanganyar. []

Reporter: Ristyan A