100 Calon Peserta Akademi Bisnis IBM Angkatan 4 Ikuti Tes Seleksi

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Seratus calon peserta binaan Akademi Bisnis Indonesia Bangkit dari Masjid (IBM) angkatan keempat mengikuti serangkaian tes seleksi. Seleksi masuk yang diikuti oleh 70 orang laki-laki dan 30 orang perempuan ini berlangsung di Serambi Masjid Agung Surakarta pada Ahad (22/9).

Akademi Bisnis ini merupakan salah satu agenda tahunan IBM yang diperuntukan untuk para pengusaha dan calon pengusaha muslim di Solo Raya. Meskipun tidak menutup kemungkinan peserta dari luar kota, provinsi pun di terima oleh IBM. Visi-misi IBM adalah melahirkan para calon pengusaha muslim yang berbasis masjid.

“Salah satu visi dan misi IBM adalah melahirkan pemberdaya-pemberdaya pembangkit ekonomi umat melalui masjid,” ujar Ketua Panitia, Deny Ariyanto Wibowo.

IBM mendorong agar para pengusaha-pengusaha khususnya yang muslim tidak berhenti belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan bisnis mereka. Sehingga ketika bisnis mereka sudah berhasil dan tumbuh maka mereka bisa memberdayakan orang lain.

“Kunci sukses itu tidak hanya untuk menyuseskan diri sendiri juga menyukseskan orang lain, harapannya ke depan melalui orang-orang ini akan lahir pemberdaya-pemberdaya umat yang mana dari masjidlah kita membangun perekonomian umat,” ujar Deny kepada Pancaran saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Adapun nama kelas yang bisa diikuti oleh peserta ada dua kelompok yakni Abdurrahman Bin Auf (ABA) dan Utsman Bin Affan (UBA). Dari 70 peserta seleksi yang diterima nanti akan dibagi ke dalam dua kelas dengan 40 peserta untuk kelas ABA dan 30 peserta untuk kelas UBA. Kelas ABA adalah kelas para pemula dalam hal bisnis atau bisnis yang omzet tiap bulannya masih di bawah Rp 50 juta rupiah. Sementara kelas UBA diperuntukan untuk para pebisnis yang omzet bulanannya sudah mencapai di atas Rp 50 juta rupiah.

Para peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan mengikuti kelas bimbingan selama 2,5 bulan. Dengan intensitas pertemuan setiap pekan satu kali pertemuan yang dilaksanakan pada hari Rabu pagi untuk kelas UBA dan pada Sabtu pagi untuk kelas ABA. Bagi peserta yang mengikuti bimbingan dengan baik akan diwisuda dan diberi ijazah, sertifikat pelatihan dari IBM.

“Kelas UBA akan dibimbing oleh mereka-mereka yang sudah ekspert dibidangnya misalnya pak Agus Rahmadi owner Bebek Pak Ndut, yang juga selaku pembina kita”, jelas Deny.

Deny menambahkan jika selepas mengikuti pelatihan selama 2,5 bulan para peserta akan terus dipantau perkembangan bisnisnya. Mereka akan mengikuti kelas lanjutan atau halaqah bisnis yang setiap kelompok terdiri dari 5-10 orang. Para alumni akan kumpul setiap pekan sekaligus memberikan laporan terkait perjalanan bisnisnya.

“Sehingga nantinya teman-teman akan terkontrol dan termonitoring sehingga ketika ada kendala atau permasalahan akan dikomunikasikan di dalam halaqah tersebut,” imbuhnya. []

Reporter: Kukuh Subekti