Eko Pujiatmoko: Perlunya Pembelajaran Politik bagi Kader

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Ketua Umum Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Tengah (Jateng) menjelaskan pentingnya pembelajaran politik bagi kader Pemuda Muhammadiyah Surakarta. Hal ini sebagai persiapan mereka menjelang momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Ketum PWPM Jateng, Eko Pujiatmoko menyampaikan pendapatnya dalam pidato sambutan di upacara pelantikan Pengurus Daerah Pemuda Muhamadiyah (PDPM) Surakarta, pada Jumat (20/9) di Gedung Dakwah Balai Muhammadiyah, Surakarta. Mengingat momentum Pilkada 2020 tersebut pihaknya berpendapat bahwa pembelajaran politik menjadi penting. Sebagaimana pengalamannya selama di PDPM Sukoharjo dalam hal penyusunan Peraturan Daerah (Perda) Miras.

“Pada awal berdiri, pada tahun 1921 Muhammadiyah baru mempunyai empat majelis, Majelis Sekolahan oleh Kyai Hisyam, Majelis Dakwah oleh Kyai Fakhrudin, Majelia PKU oleh Kyai Suja, Majelis Taman Pustaka oleh Kyai Mokhtar,” katanya.

Eko berpendapat jika Muhammadiyah sebagai organisai gerakan sosial kemasyarakatan perlu sekali adanya pembelajaran politik. Hal ini bertujuan agar ada suatu keterlibatan para kader Pemuda Muhammadiyah di dalam merumuskan suatu kebijakan publik. Seperti fakta- fakta nasional di mana para anggota legislatif saat ini tengah banyak membahas undang-undang penting seperti Rancangam Undang-Undang (RUU) KPK, RUU Pesantren, RUU Pertanahan, dan RUU lainnya yang penting bagi negara.

Sementara itu ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Surakarta, Kyai Subari pada kesempatan itu meminta agar para kader Pemuda Muhammadiyah tetap berada dalam jalur dakwah. Jalur dakwah yang menyuarakan kebenaran. Hal ini sebagai mana yang diajarkan oleh Kyai Dahlan bahwa para pemuda harus selalu  membela yang haq.

“Sikap pemuda dalam berdakwah adalah tetap memihak dan mendakwahkan kebenaran, apa godaan paling susah dikendalikan yaitu kalau kita terlibat dengan deal-deal keduniaan,” pesan Kyai Subari yang juga Ketua MUI Surakarta.

Benteng bagi para  kader Pemuda Muhammadiyah Surakarta ialah jangan pernah berhenti belajar. Senantiasa memperluas wawasan sebagai mana yang dicontohkan langsung oleh Kyai Ahmad Dahlan semasa hidupnya. Dengan demikian para kader Pemuda Muhammdiyah akan tumbuh menjadi sosok pemuda yang tangguh di segala cuaca. []

Reporter: Kukuh Subekti