BAKORNAS LKMI PB HMI Buka Posko Nasional Bencana Asap

0Shares

JAKARTA, (Pancaran.net) – Badan Koordinasi Nasional Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (BAKORNAS LKMI PB HMI) akan membuka Posko Nasional di Sekretariat PB HMI di Jl. Sultan Agung No. 25A, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan. Posko tersebut dibuka sebagai bentuk protes kepada Presiden Jokowi atas ketidakberdayaan dan lambannya respon pemerintah dalam menghadapi bencana asap yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan.

Berdasarkan poster yang beredar bertajuk “Posko Nasional Masker untuk Presiden”, menurut Repil Ansen selaku Direktur Bakornas LKMI PB HMI merupakan gerakan kesadaran atas ketidakberdayaan Pemerintah terhadap kebakaran hutan dan lahan sehingga menyebabkan berbagai masalah diantaranya masalah kesehatan warga negara.

“Kami dari Bakornas LKMI PB HMI mengajak kepada seluruh anak bangsa yang peduli terhadap saudara kita di Sumatera dan Kalimantan untuk menyumbangkan masker yang nantinya akan kita serahkan ke Presiden,” ujar Repil Ansen.

Menurut Repil, masker tersebut nantinya akan diserahkan langsung kepada Presiden Jokowi. jadi bagi pihak yang ingin menyumbangkan masker bisa langsung menghubungi kontak pribadinya pada No. Hp 081806559184.

Sebelumnya, Bakornas LKMI PB HMI sudah pernah menghimbau kepada pemerintah untuk  segera melakukan beberapa langkah sebagai berikut: Pertama, Negara harus hadir dalam memenuhi hak warga negara untuk hidup sehat dan layak, meminta Kementerian terkait harus serius menangani kebakaran hutan dan lahan.

Kedua, Kewajiban negara untuk melindungi warga negara dan menjamin kesehatan  warga negara. Meminta Kementerian Kesehatan cepat tanggap dalam menangani penyakit yang diderita masyarakat akibat kebakaran hutan dan lahan. 

Ketiga, Negara berkewajiban untuk segera mengambil tindakan responsif serta mengantisipasi dampak yang lebih luas, seperti kejadian penyakit dan kematian karena asap. Meminta Kementerian Kesehatan mengintruksikan baik kepada Dinas Kesehatan maupun RSUD setempat agar membuka posko kesehatan dilokasi strategis untuk melayani masyarakat yang terpapar oleh asap kebakaran hutan saat ini. []

 

Reporter: Kukuh Subekti