Wakaf Produktif Bangun Produktifitas Umat

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Wakaf akan terasa dampaknya bila dikaitkan dengan wakaf produktif. Uang atau dana yang terkumpul akan digunakan untuk investasi dengan resiko rendah dan keuntungan akan dibagikan kepada masyarakat miskin sebagai mauquf alaih.

Dengan demikian, masyarakat miskin tersebut akan merasakan manfaat yang lebih besar. melatarbelakangi hal itu, Volunter of Indonesia Care (VOICE) bersama One Care mengadakan seminar ilmiah bertajuk, ‘Wakaf Produktif, Bangun Produktifitas Umat’ bersama direktur pesantren dan Ketua PKBM Daarut Tauhid Fahrudin, S.Ag. M.Pd.

Kegiatan seminar tersebut diadakan Gedung Graha Solo Raya Jl. Slamet Riyadi, pada Ahad, (15/9/2019).

Dalam seminar itu, peserta dibekali untuk bisa memiliki kemampuan mengembangkan model – model bisnis berbasis wakaf produktif dari berbagai praktek terbaik nazhir wakaf modern di Indonesia.

Peserta juga akan diajarkan manajemen dan kompetensi nazhir profesional serta menjadi kunci dari pengelolaan wakaf yang berkelanjutan. Tentang filosofi wakaf produktif, nilai – nilai penting tata kelola wakaf pada yayasan dan manajemen Wakaf Produktif

Fahrudin, S.Ag. M.Pd. dalam pemaparannya menjelasakan bahwa selama ini wakaf merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki umat Islam dalam mengembangkan ekonomi syariah namun belum bisa digarap secara serius dan maksimal.

“Saya keliling Solo melihat banyak masjid yang masih punya lahan kosong sehingga membuat saya kepikiran,” katanya.

“Karena pesan guru kami yaitu Aa’ Gym selalu berpesan bahwa sejengkal tanah wakaf harus produktif untuk kembali pada kepentingan ummat,” imbuh Fahrudin. []

 

Reporter: Ristyan Ari