FKUB Klaten Gelar Dialog dengan Pelajar dan Mahasiswa

0Shares

KLATEN, (Pancaran.net) – Guna menumbuhkan sikap moderasi beragama, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten, menggelar dialog dengan pelajar dan mahasiswa di Gedung Wanita Klaten, Kamis (12/9).

‘’Moderasi dalam beragama menjadi kunci utama dalam membangun kerukunan antar pemeluk agama di Klaten. Dengan sikap saling menghormati, maka suasana yang sejuk dan kondusif akan tercipta,’’ kata Ketua FKUB Klaten, KH Syamsudin Asyrofi.

Sementara itu, dilansir krjogja, Sekretaris FKUB Kabupaten Klaten, H Moch Isnaeni SPd mengatakan, kegiatan dialog dengan pelajar dan mahasiswa mengambil tema, “Menumbuhkan sikap moderasi beragama pelajar dan mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”. Dialog menghadirkan ratusan  pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Klaten.

Narasumber pada dialog tersebut masing-masing Ketua FKUB Kabupaten Klaten, Drs KH Syamsuddin Asyrofi MM  dengan materi Moderasi beragama kunci utama membangun kerukunan umat beragama. Kemudian Drs I Nyoman Warta, MHum dari Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten dengan materi Menumbuhkan sikap moderasi beragama mahasiswa dan pelajar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutan yang dibacakan Plt Kepala Dinas Pendidikan Klaten, H Sri Nugroho SE MM mengatakan, mengapresiasi terselenggaranya dialog dengan pelajar dan mahasiswa dalam rangka menumbuhkan sikap moderasi beragama di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Melalui forum ini diharapkan mampu mendorong semua komponen masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa untuk selalu bersinergi dalam menjaga kerukunan, toleransi, keharmonisan antarumat beragama dan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. []