Siswa SMP Muhammadiyah PK Juara 3 Whusu Jawa Tengah

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Riefan berhasil merebut juara tiga wushu kategori Male Qiang Shu Junior C. Kejuaraan wushu yang diadakan oleh Persatuan Masyarakat Surakarta (PMS) tersebut berlangsung di Gedung Gadjah PMS Kota Surakarta pada Selasa – Jumat (10-13/9). Kemenangannya diperoleh setelah dia berhasil mengalahkan peserta dari Semarang, Yogyakarta, Kendaldan beberapa kota lain di Jawa Tengah.

Riefan saat ini tengah tergabung dalam atlet binaan Sasana Wushu PMS, pada saat kegiatan lomba dirinya mampu menunjukkan kebolehannya dalam jurus qiang shu di hadapan dewan juri. Penilaian lomba seni bela diri wushu berdasarkan kostum, kuda-kuda, tenaga, dan kerapian gerakan. Rahasia suksesnya ialah ia tekun mengikuti latihan wushu, yang diadakan tiga kali dalam sepekan yaitu Selasa, Rabu, dan Jumat di gedung PMS.

“Sudah sejak kelas 4 SD, saya senang latihan olah raga wushu dan setiap sore hari Selasa, Rabu, dan Jum’at sepulang sekolah saya latihan wushu”, ujar Riefan dalam rilis yang diterima redaksi Pancaran.

Hal yang membuat dia menyukai wushu karena seni bela diri ini sangat seru, mengasyikan dan banyak jurusnya. Riefan hingga kini sudah menguasai beberapa jurus wushu, antara lain jurus qiang shu (jurus seni tombak), taiji (seni dengan gerakan lambat), nan jian (seni dengan tangan kosong atau tanpa alat), jian shu (seni bela diri menggunakan pedang), dan jian jen (seni dengan tangan kosong). Ia pun menambahkan bahwa kesukaan berlatih wushu karena seni bela diri ini sangatlah seru dan banyak jurusnya. Hal yang paling sulit dalam olahraga wushu ialah kuda-kuda karena butuh tenaga ekstra.

Sekolah SMP Muhammadiyah PK Surakarta, melalui Humas Sekolah, Aryanto memberikan apresiasi atas keberhasilan Riefan. Hal tersebut sebagai sebuah prestasi yang membanggakan dalam hal olahraga dan berharap agar Riefan semakin dapat terus meningkatkan prestasinya di keolahragaan Wushu.

“Kami mengucapkan selamat kepada Reifan atas prestasinya. Semoga ia mampu meningkatkan prestasi pada kejuaraan berikutnya,” jelas Aryanto. []

Reporter: Kukuh Subekti