Ketua Umum ICMI: Benahi Akhlak untuk Menjadi Dasar Hidup

0Shares

KARANGANYAR, (Pancaran.net)  – Seminar Peningkatan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bersama Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof Dr Jimly Assidiqie SH bertema “Membangun moral dan etika bangsa di era disruption” digelar di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (9/9).

Dilansir timlo, peserta seminar dari jajaran OPD Kabupaten Karanganyar, Ormas, pelajar, mahasiswa, TNI, dan Polri.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya mengatakan, setiap tahun diselenggarakan kemah kebangsaan yang pesertanya dari berbagai macam agama dengan tujuan untuk mempererat sulaturahmi dan perdamaian antarumat beragama.

“Pergeseran dunia yang serba maya ini pengaruhnya luar biasa. Pancasila akan menjadi perbincangan di Indonesia ini dalam membangun bangsa dan negara, yang harus kita lakukan adalah memposisikan diri supaya tidak larut dalam pergeseran buruk yang mengancam keutuhan wilayah negara Indonesia,” katanya.

Ia juga berharap, Karanganyar ikut andil dalam memperkuat kesatuan bangsa dan negara dan menyediakan SDM (sumber daya manusia) unggul untuk bersaing di tingkat internasional.

Ketua Umum ICMI, Prof Dr Jimly Assidiqie SH menyampaikan materi etika dan moral bangsa. Dalam materinya juga menyinggung tentang kehidupan politik baru-baru ini. Ia tak mau gara-gara politik, Indonesia terpecah belah. Atas dasar itu maka perlu dikuatkan lagi moralitas dan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Akhlak tidak tercermin di negeri kita, maka dari itu sebagai negara dengan mayoritas penduduk Islam sebaiknya membenahi akhlak untuk menjadi dasar hidup damai berdampingan antar umat beragama,” ungkapnya. []