Luncurkan Gerakan #IndonesiaDermawan, ACT Ajak Semua Elemen Bangsa Aktif Berbagi

0Shares

JAKARTA, (Pancaran.net) – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap berinisiatif meluncurkan gerakan #IndonesiaDermawan hari ini Selasa (10/9). Presiden baru ACT Ibnu Khajar menjelaskan, melalui gerakan ini dia berharap akan tumbuh gerakan kedermawanan dari semua elemen bangsa guna membantu saudara-saudara yang membutuhkan.

“Hari ini kita ajak semua lembaga menyampaikan programnya ke publik. Supaya gerakan dan atmosfer ini tumbuh dimana-mana. Penyalurannya nanti tidak melalui ACT tidak menjadi  masalah. Spiritnya adalah semua orang berbagi,” jelas Ibnu kepada INA selepas acara yang digelar di Menara 165 tersebut.

Menurutnya, masyarakat Indonesia memiliki karakter kepedulian yang cukup tinggi. Ini terbukti dari besarnya antusias masyarakat untuk mendonasikan rezekinya meski di tengah situasi yang cukup sulit.

“Kita merasa kedermawanan meningkat. Ekonomi lagi agak declined (merosot), tapi luar biasa. Kondisi ekonomi menurun, masyarakat mengurangi belanja-belanja hariannya, tapi kepedulian sosial mereka tetap tumbuh. Ini salah satu indikator paling konkret bahwa bangsa ini dermawan,” tutur Ibnu.

Berbagai kalangan dari mulai tokoh Islam, pengusaha, pimpinan media, kalangan artis, profesional, pelajar, pejabat, hingga pengendara ojek online menyampaikan dukungannya atas gerakan #IndonesiaDermawan.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, yang sengaja menyempatkan hadir dalam acara tersebut ikut mendukung gerakan #IndonesiaDermawan. Menurutnya apa yang diinisiasi oleh ACT ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Padang dalam hal kepedulian terhadap sesama.

“Alhamdulillah kita di Kota Padang setiap lebaran menggalang dana dari masyarakat. Kalau sebelumnya kita terbangkan (bantuan) ke Palestina, sekarang ke Palestina dan dunia Islam. Kalau ada bencana, yang paling dermawan itu siswa-sisiwnya. Paling besar (donasi) itu dari dunia pendidikan,” ungkap Mahyeldi.

“Ketika ini (#IndonesiaDermawan) terus dikembangkan, kami yakin dan percaya Indonesia akan aman. Semoga Indonesia akan disatukan dengan kedermawanan ini,” lanjutnya.

Kalangan artis yang tergabung dalam Kajian Musawarah pun tidak ingin luput untuk ikut andil dalam gerakan ini. Hadir di antaranya Dude Herlino, Dimas Seto, dan Cupink Topan. Sebelumnya mereka telah bekerja sama dengan ACT untuk menyalurkan hewan kurban ke daerah yang membutuhkan.

“Allah izinkan kami bisa bersinergi. Teman-teman artis punya rasa peduli yang amat besar. Kita menyaksikan sendiri mereka berdonasi dengan jumlah yang tidak kita bayangkan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi saksi di Yaumul Akhir,” ucap Dude.

Acara kemudian ditutup dengan pembacaan deklarasi yang sama-sama digaungkan oleh para tokoh yang hadir. [INA/SF]