Siswa SMP Dimsa Sabet 2 Piala di Ajang Pimpel FKIP UMS

0Shares

SRAGEN, (Pancaran.net) –  Siswa SMP Dimsa (Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen) berhasil memboyong 2 piala lomba membaca berita dan pidato bahasa Indonesia di ajang Pekan Ilmiah Pelajar dan Mahasiswa (Pimpel) tingkat Jawa Tengah yang diadakan oleh HMP PBSI FKIP UMS pada Jumat (6/9/2019).

Dalam perlombaan yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta ini terdapat 2 cabang lomba untuk tingkat SMP, yakni lomba membaca berita dan pidato bahasa Indonesia. Siswa tersebut yakni Badriyah Izzatul Isnaini sebagai juara 1 lomba pidato bahasa Indonesia dan Syifa Aulia Zahra sebagai juara 3 lomba penyiar berita.

Ali Rosyidhi selaku Kepala Sekolah menyampaikan kabar gembira dan apresiasi setinggi-tingginya kepada siswa terbaik sekolah, yakni Badriyah dan Syifa dalam ajang Pimpel yang diselenggarakan di UMS Surakarta. Semoga di ajang berikutnya bisa mampu bersaing kembali.

“Kami bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya terhadapan pencapaian murid kami yang mampu menjadi yang terbaik dalam perlombaan tersebut. Terima kasih pula kepada guru yang telah membimbingnya,” ungkapnya, Sabtu (7/9/2019).

Badriyah dan Syifa bersaing dengan puluhan peserta dari sekolah lainnya yang berasal dari beberapa daerah. Badriyah mampu mendapat juara 1 setelah mengungguli peserta dari Karanganyar dan Salatiga. Sedangkan Syifa yang baru pertama kali mengikuti lomba penyiar berita memperoleh juara 3.

Saat ditemui, Badriyah menuturkan bahwa ini kali pertamanya mengikuti lomba pidato bahasa Arab. Dara kelahiran Karanganyar, 11 Maret 2005 ini kerap mengikuti lomba pidato bahasa Arab. Selain itu, dia kerap pula menjadi pembawa acara di setiap kegiatan di sekolah.

“Alhamdulillah, ini kali pertama saya mengikuti lomba pidato bahasa Indonesia, biasanya saya mengikuti lomba pidato bahasa Arab. Jadi, saya latihan pun saya agak kesulitan,” tuturnya saat ditemui.

Sedangkan Syifa, saat ditanyai pun mengungkapkan hal yang sama. Dia mengatakan kalau ini kali pertamanya mengikuti lomba membaca berita sehingga harus latihan ekstra. Siswi kelahiran Karanganyar, 5 Juli 2006 ini juga merupakan reporter majalah Kreansa di sekolahnya.

“Ya, saya agak grogi sebenarnya. Alhamdulillah dengan dengan motivasi dan bimbingan dari guru saya semua bisa kuatasi. Bahkan di persiapan terakhir kemarin, saya dan Badriyah melakukan latihan sampai pukul 22.30 dengan guru saya” ungkapnya.

Ditambahkan, lomba pidato bahasa Indonesia tersebut menghasilkan juara satu, dua, dan tiga. Juara satu diraih oleh Badriyah Izzatul Isnaini (SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen), juara dua diraih oleh Ichwani Abdillah (SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang Karanganyar), dan juara tiga diraih M. Alfath Bagas (MTs N Salatiga). Sedangkan lomba membaca berita juara satu diraih oleh Abimanyu Satriyo W. (MTs N 10 Boyolali), juara dua Haliza Nur Safanah (SMP Muhammadiyah PK Kartasura), juara tiga diraih oleh Syifa Aulia Zahra (SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen.

Kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali oleh HMP PBSI FKIP UMS ini akan mengundang kembali para juara perlombaan tersebut. Badriyah, Syifa, pembimbingan, dan para juara lainnya akan diundang dalam penyerahan piala, piagam, uang pembinaan, serta mengikuti seminar nasional pendidikan dari HMP PBSI FKIP UMS pada Selasa, (9/9/2019) di Auditorium Muhammad Djazman UMS. []