Subuh Berjamaah di Masjid At Taqwa Baki, Ini Pesan Ustadz Surawijaya

0Shares

SUKOHARJO (Pancaran.net) – Dua shalat yang memiliki keutamaan besar ialah shalat Isya dan Subuh, dua shalat tersebut juga disebutkan dalam hadist Bukhari Muslim akan berat dikerjakan bagi orang orang munafik.

Namun demikian, dua shalat tersebut juga mempunyai keutamaan yang besar sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadist Muslim  “Barangsiapa yang shalat Isya`berjamaah,  maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR Muslim).

Keutamaan tersebut yang melatarbelakangi pengurus Masjid At Taqwa Purbayan, Baki, Sukoharjo untuk menggelar kegiatan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah dan Barokah pada Ahad, (8/9).

Kegiatan tersebut di mulai sejak pukul 04.00 wib dengan melaksakan shalat qobliyah Subuh, shalat Subuh berjamaah, tausiyah dan ditutup dengan kegiatan sarapan bersama.

Dalam kegiatan Subuh berjamaah kali ini, masjid At Taqwa menghadirkan pemateri pembina Dai Salimah Sukoharjo ustadz Surawijaya. Dalam tausiyahnya ustadz Rowi berpesan kepada jamaah untuk menghindari sifat sifat sombong.

“Tidaklah patut orang orang menyombongkan diri di hadapan Allah Subhanahu Wata’ala, sebab derajat manusia hanyalah seorang hamba, kita bisa belajar bahwa dulu Iblis masuk neraka juga karena sombong,” katanya.

Kepada manusia pun ustadz Rowi berpesan agar saling menghargai satu sama lain, terlebih kepada sesama muslim maka kita diwajibkan untuk lebih bisa menganggap sebagai saudara.

“Ada empat rukun ukhuwah yang harus kita ketahui, yang pertama saling taaruf atau kenal yang sebenarnya, yang kedua tafahum atau saling memahami, ketiga ta’awun atau kerja sama dan yang terakhir takaful yakni saling menanggung,” tandasnya.[]

 

Reporter: Ristyan Ari