Dari Touring Paseduluran Hingga Baksos Air Bersih di Daerah Kekeringan

0Shares

WONOGIRI, (Pancaran.net) – Emergency and Crisis Response (ECR) bersama komunitas relawan muslim solo raya menggelar aksi bakti sosial bertajuk ‘Touring Paseduluran #3 dan Baksos Air Bersih’ di desa Songbanyu, Girisubuh, Gunung Kidul dan Desa Petirsari, Pracimantoro Wonogiri, Senin, (3/9/2019).

Kegiatan bakti sosial tersebut berupa pemberian bantuan air bersih untuk warga yang saat ini sedang mengalami bencana kekeringan di musim kemarau.

Menurut Kadus desa Setempat Agus Surandal, warga desa Songbanyu sudah setiap tahun minim air bersih saat musim kemarau, tidak adanya sumber air, membuat warga harus rela menjual ternaknya hanya untuk mencukupi kebutuhan air untuk sehari hari.

“Di saat kemarau panjang seperti ini, warga bahkan harus menjual kambing, ayam dan hewan piaraannya demi untuk membeli air bersih,” katanya.

Melihat kondisi warga tersebut, relawan ECR Abu Noval ikut prihatin atas apa yang dialami warga di dua desa tersebut.

“Saya merasa sedih atas kejadian yang menimpa masyarakat desa Songbanyu dan Petirsari yang mengalami kesulitan air bersih untuk keperluan sehari-hari,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan air bersih, relawan ECR juga memberikan bantun sarung dan mukena dengan harapan masyarakat dapat lebih dekat kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Lebih lanjut, ECR akan menindaklanjuti dan membawa permasalahan kekeringan di wilayah Wonogiri dan Gunungkidul ini dalam rapat khusus Yayasan ECR dengan harapan bisa mengalirkan air dari sumbernya. []