Tumbuhkan Minat Menjadi Jurnalis, SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Gelar Pelatihan Jurnalistik

0Shares

SRAGEN, (Pancaran.net) – Majalah Kreansa SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen mengadakan pelatihan jurnalistik untuk para siswa selama dua hari, Sabtu-Ahad (24-25/8). Pelatihan tersebut dilaksanakan guna melatih para siswa menjadi seorang jurnalis dengan kemampuan menulis berita, artikel, serta melatih kepekaan terhadap kondisi sekitarnya.

Indah Purnawati, selaku Waka Kesiswaan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan melatih siswa bagaimana cara menulis artikel dan berita,  serta memfasilitasi siswa mengembangkan minat bakatnya di bidang jurnalistik melalui majalah sekolah.

“Kami berharap melalui ekstrakurikuler majalah sekolah dan jurnalistik ini para siswa bisa menjadi jurnalis muslim yang berkemajuan, tambahnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh redaktur majalah Kreansa dalam proses penyaringan dan seleksi menjadi redaktur majalah sekolah. Sebanyak 40 dari 475 siswa mengikuti kegiatan ini yang kemudian akan dilatih dan seleksi lagi menjadi redaktur majalah sekolah  periode 2019-2020.

Dimulai pukul 08.00, peserta training sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Materi yang diberikan kepada peserta training adalah menejemen majalah sekolah, teknik penulisan artikel, dan materi terakhir teknik penulisan berita.

Dalam training jurnalistik ini, redaktur majalah Kreansa mengundang pembicara dari Solo, seorang penulis, pegiat literasi, dan majalah sekolah, Asri Istiqomah. Materi pengelolaan majalah sekolah menjadi materi pertama yang disampaikan Asri. Selain Asri, pemateri lainnya berasal dari pembimbing majalah sekolah tersebut.

Ahmadan Ilham, salah satu siswa yang mengikuti training ini mengatakan sangat senang bisa terpilih menjadi peserta training jurnalistik. Selain bakatnya di bidang menulis, dia juga optimis bisa menjadi pimpinan redaksi majalah Kreansa.

“Saya berharap bisa menjadi pimpinan redaksi majalah Kreansa periode 2019-2020,” tambahnya saat diwawancarai.

Kegiatan yang dilaksanakan seharian ini tidak membuat peserta training kelelahan. Training tidak hanya hari ini saja tetapi masih sampai hari Ahad. Kegiatan akan dilanjutkan dengan tantangan menulis berita dan artikel.

Sementara itu, Udik Riyanto, selaku pembimbing jurnalistik majalah Kreansa, mengatakan bahwa kegiatan akan dilanjutkan berkunjung ke Keraton Surakarta, Pasar Klewer, dan Masjid Agung Surakarta.

“Iya, nanti peserta kita beri tantangan membuat tulisan liputan dan wawancara di tempat-tempat itu agar berani menjadi seorang jurnalis,” tambahnya saat di ujung acara. []