SMP Muhammadiyah 1 Beri Beasiswa Hafal Alquran

0Shares

SOLO, Pancaran.net – SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo mengesahkan tahfidz 10 siswa Program Khusus, di Balai Muhammadiyah Surakarta, Jumat (23/8). Pengesahan dilakukan oleh Ketua Majlis Tarjih Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta KH Najamudin Zuhdi.

“Salah satu penguatan khusus SMP Muhammadiyah 1 Simpon adalah Tahfidz Alquran,” ungkap Kepala SMP Muhammadiyah 1 Solo Ahmad Sukidi kepada wartawan, di sela-sela acara.

Dilansir timlo, Sukidi mengatakan, secara periodik pihaknya memang mengesahkan siswa yang hafal Alquran sekaligus diberikan beasiswa. “Artinya setiap bulan, setiap siswa yang hafal satu juz Alquran, maka siswa yang bersangkutan mendapat beasiswa selama satu bulan,” ungkapnya.

Beasiswa bagi siswa yang tahfidz Alquran, menurut Sukidi, merupakan konsekuensi bagi penguatan program tahfidz Alquran. Selain untuk mendorong siswa agar bisa hafal Alquran, juga agar sekolah ini bisa diminati masyarakat.

Pada kesempatan tersebut juga digelar seminar parenting bagi orang tua siswa yang tujuannya untuk memotivasi dalam memerankan peran sebagai orang tua.

Sementara itu, Faqih sebagai narasumber parenting mengemukakan, tahfidz Alquran sebetulnya memberi pengaruh karakter psikologis pada anak untuk peningkatan secara intelegensia, ISQ dan spiritual seseorang.

“Terkait tahfidz Alquran sudah diteliti secara akademi. Artinya pembentukan karakter melalui Alquran adalah penting dan terbukti nyata,” ujarnya. []