Mengoptimalkan Peran Humas pada Instansi Pendidikan

0Shares

SUKOHARJO, (Pancaran.net) – Dalam rangka meningkatkan profesionalitas peran humas, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Sukoharjo mengadakan pelatihan jurnalistik dan kehumasan. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula SMK BP I tersebut diikuti oleh seluruh pengelola Humas dan BKK SMK se Sukoharjo. Rabu, (21/8).

Menurut ketua panitia Kelik Triyono, kegiatan pelatihan ini merupakan kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Sukoharjo dan Pengelola Humas dan BKK SMK se Sukoharjo. Diselenggarakan guna memberikan pembekalan kepada humas dan BKK agar optimal dalam kinerjanya.

“Kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan, kami berharap semoga dengan adanya kegiatan pelatihan ini peran humas semakin profesional dan memiliki dampak positif bagi sekolah yang diembannya,” ujarnya.

Ada dua narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut yaitu Ranu Muda, pimpinan redaksi Pancaran.net sekaligus dosen Jurnalistik di Institut Mamba’ul Ulum Surakarta dan selanjutnya adalah Retno Wulandari, praktisi humas.

Dalam pemaparannya Ranu Muda menjelaskan bahwa tugas seorang humas diantaranya adalah berkomunikasi baik dengan media. Dalam hal ini diantaranya adalah mampu membuat berita rilis. Ini dilakukan agar suatu saat jika sekolah tersebut membutuhkan media untuk membantu memberitahukan ke masyarakat terkait informasi sekolah dapat dimuat.

Seorang humas juga harus paham bagaimana membuat sebuah kegiatan yang mempunyai syarat dari sebuah pemberitaan sehingga media tertarik untuk menayangkannya.

“Cara yang mudah yaitu membuat kegiatn yang berhubungan dengan momen sebuah kejadian dan juga unik dan kreatif,” ujarnya.

Di sesi pertama itulah peserta mendapatkan pengetahuan mengenai seluk beluk bagaimana cara membuat berita yang baik.

Sementara itu, Retno Wulandari, General Manager The Sunan Hotel Solo yang didapuk menjadi pembicara kedua lebih menitik beratkan pada peran humas dan tantangan masa depan.

Seorang humas harus memiliki pengetahuan yang luas. Selain menguasai beberapa bahasa seorang humas juga harus mampu berhubungan baik dengan media. []