Lomba Sudut Baca, Kenalkan Literasi pada Anak

0Shares

SOLO, (Pancaran.net)  – Milad ke-82 SD Muhammadiyah 1 Ketelan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Paling menarik adalah lomba sudut baca. Lomba ini diselenggarakan agar dapat menghidupkan ruh pelaksanaan Kurikulum 2013 (K13). Meliputi pendidikan karakter, gerakan literasi, dan menyiapkan siswa memiliki soft skill seperti problem solving, creativity, innovation, dan communication. Lomba sudut baca diikuti oleh seluruh kelas di sekolah setempat, Senin (18/9).

Masing-masing kelas mendekorasi sudut baca semenarik mungkin dengan berbagai ornamen agar para siswa tertarik membaca artikel yang dibuat sendiri, kemudian ditempel pada sebuah papan. Tak hanya itu, buku-buku bacaan pun ditata rapi di sudut baca tersebut. Hasil kreativitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca para siswa dalam bentuk perpustakaan kelas.

“Lomba sudut baca ini didukung oleh paguyuban kelas yang bekerjasama dengan sekolah untuk meneguhkan SD Muhammadiyah 1 sebagai sekolah pendidikan karakter berbasis teknologi informasi dan komputer,” ujar Kepala SD Muhammadiyah 1, Sri Sayekti kepada Radar Solo, Senin (18/9). Demikian dilansir radar solo.

Dalam lomba tersebut, sekolah mengundang Pengawas UPT Pendidikan Kecamatan Banjarsari, Pasar Kliwon, dan Dinas Arpusda Kota Surakarta sebagai dewan juri, masing-masing kelas disambangi satu per satu. Penilaian sudut baca berdasarkan kriteria kreativitas, kelas karya literasi, dan menyenangkan.

“Dengan adanya sudut baca di setiap kelas, sebelum pulang sekolah anak-anak bisa membaca buku yang ada di sudut kelas. Sepuluh menit saja sudah cukup. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan budaya literasi di sekolah, menciptakan siswa yang cerdas, berbudi luhur, dan intelektual. Selain itu juga sebagai ajang apresiasi dan kreasi,” tandas Sri Sayekti. []