Tembok Sisi Utara Masjid Taman Sriwedari Bakal Dirobohkan

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Pemkot Surakarta berencana merobohkan pagar tembok Sriwedari, di sisi utara Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS), agar bangunan masjid tampak menonjol dipandang dari Jalan Slamet Riyadi.

“Dinding itu awal tahun besok dirobohkan, sehingga lantai masjid yang dinaikkan bertahap akan kelihatan dari Jalan Slamet Riyadi,” kata Wakil Wali Kota (Wawali) Achmad Purnomo, Senin (12/8). Seperti dilansir suara merdeka.

Purnomo yang juga menjabat Ketua Panitia Pembangunan MTSS ini menerangkan, berdasarkan rencana, terdapat selisih ketinggian antara lantai masjid dengan badan Jalan Slamet Riyadi. Selisih ketinggian itu harus dioptimalkan agar keindahan bangunan MTSS bisa dieksplorasi oleh pengguna jalan.

“Lantai masjid lebih tinggi sekitar empat meter, jika diukur dari nol meter Jalan Slamet Riyadi. Sesudah dinding ini dirobohkan,nantinya dari Jalan Slamet Riyadi bisa kelihatan MTSS yang luar biasa,” jelasnya.

Sejalan dengan rencana perobohan dinding tersebut, panitia akan menyediakan akses masuk pengunjung dan jamaah dari Jalan Slamet Riyadi. “Selain itu juga akan disediakan akses melalui pintu utama,” kata Purnomo.

Proyek yang dimulai Februari, hingga kini progres pembangunan MTSS melampaui 46,97 persen dari total pekerjaan. Selain berkonsentrasi kepada penyelesaian bangunan utama masjid, pelaksana proyek menyelesaikan pembangunan empat menara penunjang serta satu menara utama setinggi 114 meter, lengkap fasilitas lift. []