Akhir Tahun, Masjid Sriwedari Bisa Difungsikan Sementara

0Shares

SOLO, (Pancaran.net) – Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS) ditargetkan bisa difungsikan sementara sebagai tempat ibadah pada Desember. Kontraktor pelaksana pembangunan Masjid Sriwedari itu berkomitmen menuntaskan proyek itu sesuai rencana.

“Target bulanan sudah kami susun. Saat ini kami sudah menyelesaikan rangka atap brujung di bangunan inti masjid. Setidaknya, Desember bangunan utama sudah bisa difungsikan sementara,” kata Manajer Proyek Pembangunan MTSS, Agung Budianto, Selasa (30/7). Demikian dilansir suara merdeka.

Saat ini progres pembangunan masjid berkisar 46,97 persen dari total pekerjaan.

“Kami masih berkonsentrasi pengerjaan atap brujung dan sudah menutup bagian emper masjid dengan atap sirap. Pemasangan atap brujung menunggu konfirmasi terkait jumlah material penutup atap yang akan didatangkan oleh produsen,” jelasnya.

Pekerjaan lain yang sudah diselesaikan adalah pemasangan granit di lantai basement serta pekerjaan akhir (finishing) plafon.

“Untuk menara penunjang, saat ini ketinggian dua menara sudah 30 meter. Kami berusaha agar dalam waktu dekat empat menara penunjang itu sudah selesai. Ada pun untuk menara utama, kami sedang membuat rumah lif,” kata Agung.

Sejauh ini, pembangunan MTSS dengan anggaran Rp 165 miliar itu terkendala pengumpulan dana dari panitia. Ketua Panitia Pembangunan MTSS, Achmad Purnomo, mengaku tengah berburu donatur baru dan menagih realisasi komitmen calon donatur.

Masjid tersebut mulai dibangun Februari 2019 dan ditargetkan selesai September 2020. Tenggat penyelesaian proyek telah diundur tiga bulan oleh kontraktor, guna mengurangi defisit neraca anggaran pembangunan. []