Tumbuhkan Minat Baca, Gernas Baku Sosialisasi ke PUD Nuri Kid’s School

0Shares

KARANGANYAR, (Pancaran.net) – Untuk menumbuhkan kembali minat baca anak, Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) terus dilakukan di sejumlah sekolah. Seperti halnya di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nuri Kid’s School, Sroyo, Jaten pada Sabtu (27/7).

Orang tua murid diundang ke sekolah untuk membacakan dongeng kepada anak-anaknya. Kemudian anak-anak diminta menceritakan kembali dongeng di hadapan orang tua dan teman – temannya.

Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan itu. Pihak sekolah bekerjasama dengan Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kabupaten Karanganyar untuk menyediakan buku-buku yang akan dibaca.

”Ya jarang mendapatkan momen seperti ini, mereka sangat antusias. Mengingat ini zaman gadget, orangtua pegang handphone, anak main sendiri. Harapan kami, anak memiliki pengalaman indah dibacakan buku cerita oleh orangtua,” tutur Kepala PAUD Nuri Kid’s School, Novie Saomi. Seperti dilansir radar solo.

Dia berharap kegiatan tersebut bisa memotivasi orang tua agar lebih peduli terhadap tumbuh kembang anaknya. Dia berencana menyelenggarakan kegiatan tersebut rutin.

”Rata-rata orang tua yang menitipkan anak di sini bekerja di pabrik. Nah, yang dibutuhkan adalah interaksi intens dan berkualitas,” imbuh dia.

Salah seorang orang tua wali murid Nur Haryati mengapresiasi program bikinan sekolah. Dia berharap kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat membaca anak, khususnya di usia dini.

“Kalau anak saya masih balita, jadi belum bisa baca, dan harus ya dibacakan. Ini menumbuhkan kedekatan antara orangtua dan anak,” tuturnya.[]